3 Cara Mengecek Apakah Terdaftar KIS atau Tidak

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 07 Mei 2022 15:00 WIB
Sebanyak 651.323 peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kelas III di Banyuwangi, mendapatkan subsidi dari pemerintah. Yakni untuk pembayaran iuran per Juli mendatang.
Begini Cara Mengecek Apakah Terdaftar KIS/Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan program pemerintah di bidang pelayanan kesehatan. Nah, untuk mengetahui apakah Anda terdaftar KIS atau tidak ternyata bisa dilakukan mandiri tanpa harus datang ke kantor BPJS. Begini cara mengecek apakah terdaftar KIS.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan jika masyarakat bisa mengecek informasi status kartu JKN-KIS secara mandiri. Ada berbagai kanal non tatap muka yang dapat diakses tanpa harus datang ke kantor BPJS.

"Ada banyak kanal digital yang bisa dimanfaatkan peserta JKN-KIS untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS. Mulai dari aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), bahkan bisa juga melalui direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan," kata Iqbal, dikutip detikcom Sabtu (7/5/2022).

Berikut tiga cara mengecek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan:

1. Pengecekan melalui Aplikasi Mobile JKN

Sebelum melakukan pengecekan Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS, peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN melalui Google Play Store dan App Store dan mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile. Setelah itu ikuti langkah berikut untuk mengecek kepesertaan JKN-KIS:

· Buka Aplikasi Mobile JKN
· Login menggunakan NIK/nomor kartu dan Password
· Masukan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera di Aplikasi. Klik Login
· Pilih menu peserta
· Halaman akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas

2. Pengecekan melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Layanan CHIKA dapat diakses melalui beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. Adapun cara cek Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA adalah:

· Chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram, atau Whatsapp
· Pilih menu cek status peserta
· Ketik nomor peserta/NIK
· Ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta
· CHIKA akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

3. Pengecekan melalui layanan BPJS Kesehatan Care Center 165

165 merupakan care center BPJS Kesehatan yang bisa dihubungi selama 24 jam. Untuk mengecek status KIS melalui care center 165 adalah sebagai berikut:

· Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165
· Memilih jenis layanan 1 (satu)
· Memilih layanan status kepesertaan
· Ketik nomor peserta/NIK
· Ketik tanggal lahir
· VIKA akan menyampaikan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

Menurut Iqbal pihaknya terus melakukan edukasi, inovasi dan evaluasi untuk memperbaiki layanan ini. Ia menambahkan jika ada kondisi tertentu yang membuat masyarakat belum bisa memanfaatkan layanan digital JKN-KIS, seperti tidak semua lapisan masyarakat familiar dengan teknologi digital, atau sulitnya akses jarkomdat di daerah perifer.

"Oleh karena itu, peserta JKN-KIS juga bisa mengecek status kepesertaan JKN-KIS secara tatap muka melalui Mobile Customer Service (MCS) yakni layanan jemput bola ke daerah-daerah pelosok, Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit, Mal Pelayanan Publik, hingga Kantor BPJS Kesehatan terdekat," terang Iqbal.

Demikian adalah cara mengecek apakah terdaftar KIS atau tidak.

(fdl/fdl)