ADVERTISEMENT

Salah Transfer ke Rekening, Uang Nasabah Bisa Kembali?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 17:27 WIB
Transfer Uang
Salah Transfer ke Rekening, Apa yang Harus Dilakukan? Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kejadian nasabah yang salah transfer uang ke rekening tak jarang terjadi. Salah transfer terjadi biasanya karena nasabah kurang teliti. Bila terjadi salah transfer ke rekening tersebut, lantas apa yang harus dilakukan oleh nasabah?

Pengamat Perbankan, Paul Sutaryono, mengatakan nasabah tersebut harus segera melaporkannya ke bank terdekat sambil membawa bukti. Ia menyarankan agar nasabah segera meminta bantuan ke pihak bank.

"Nasabah harus segera lapor ke bank terdekat. Yakni dengan membawa bukti-bukti, seperti buku tabungan dan ATM-nya," kata Paul kepada detikcom, Rabu (11/5/2022).

Paul menjelaskan, pada prinsipnya pihak bank nantinya akan mengembalikan uang tersebut dengan sejumlah syarat. Bank akan melakukan cross check terhadap laporan dari nasabah. Jika terbukti benar salah transfer, maka uang akan dikembalikan.

"Pada prinsipnya, bank akan mengembalikan uang itu. Setelah melakukan penelitian secara seksama," tutup Paul.

Lebih lanjut agar kejadian seperti ini tak terjadi, Paul menyarankan nasabah untuk selalu teliti terlebih dahulu sebelum melakukan transfer. Nasabah perlu mencocokkan data si penerima rekening tujuan.

"Maka nasabah seharusnya meneliti nama dan nomor rekening, pada saat transfer di ATM," jelas Paul.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT