Serba-serbi Manfaat Bank Digital yang Lagi Menjamur di RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 20:00 WIB
Fintech
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Masyarakat yang ingin bertransaksi keuangan kini bisa menjadikan bank digital sebagai pilihan. Selain simpel karena tak perlu ke kantor cabang, bank digital juga menawarkan biaya administrasi yang rendah bahkan gratis sampai gratis transfer ke rekening bank lain.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan masyarakat dengan kehadiran bank digital.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira bank digital akan mempermudah pembentukan rekening baru, bahkan bisa memecah simpanan ke dalam 5 slot rekening yang berbeda sesuai kebutuhan.

"Bank digital menawarkan kemudahan layanan customer service lewat chatbox sehingga menghemat waktu ke kantor cabang," kata Bhima saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Manfaat berikutnya adalah fitur keamanan bank digital jauh lebih canggih dibanding bank tradisional. Jadi nasabah merasa aman bertransaksi menggunakan bank digital.

Selanjutnya, manfaat yang akan didapatkan adalah bank digital memiliki aneka fitur investasi ritel seperti membeli emas secara digital, reksadana, saham hingga obligasi pemerintah dalam satu aplikasi yang sama.

Bunga Kredit

Ada beberapa hal yang perlu dibenahi adalah soal efisiensi biaya bunga bank digital yang terbilang masih mahal. Harapan awal dengan kehadiran bank digital adalah turunnya suku bunga pinjaman dan mencegah lomba special rate untuk kejar simpanan.

"Tapi masih ada problem dalam praktik sehingga beberapa bank digital masih tawarkan bunga simpanan yang jauh lebih tinggi dibanding bank tradisional," kata dia.

Menurut Bhima, diperlukan intervensi OJK agar kehadiran bank digital bisa menciptakan persaingan pasar yang lebih sehat. "Misalnya seperti capping (pembatasan) suku bunga dari regulator," jelas dia.

Sekadar informasi, kini bank digital makin meramaikan persaingan di Indonesia. Salah satu yang paling baru adalah Allo Bank yang sebentar lagi akan diluncurkan. Allo bank mengusung tema all for one, one for all. Allo Bank membidik semua lapisan generasi mulai dari kolonial, milenial, sampai zilenial.

Nantinya transaksi perbankan sangat mudah hanya dalam satu genggaman. Tak cuma Allo bank, bank digital di Indonesia juga ada Bank Jago, Bank Neo Commerce, blu by Digital BCA, Digibank DBS, Jenius sampai Line Bank.

(kil/eds)