Serempak Hari Kebangkitan Nasional, CT Resmi Luncurkan Allo Bank!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 20 Mei 2022 19:39 WIB
Allo Bank Resmi Diluncurkan
Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta -

Hari ini bank digital besutan CT Corp Allo Bank resmi meluncur. Peluncuran dilakukan di Istora Senayan bersamaan dengan Allo Fest yang menghadirkan grup musik NCT dream dan Red Velvet.

Ultimate Shareholder Allo Bank Indonesia, Chairul Tanjung (CT) dalam peluncuran mengungkapkan hari rilis Allo Bank bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Diharapkan semangat kebangkitan juga hadir dalam munculnya Allo Bank sebagai bank digital baru di Tanah Air.

"Dengan semangat Budi Utomo untuk kebangkitan ekonomi untuk sebuah bank digital masa depan." kata CT di Istora, Jumat malam (20/5/2022).

Sebelumnya CT meyakini saham Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan terus meningkat. Saham-saham bank digital terpantau mengalami pelemahan dalam beberapa waktu terakhir, namun CT bilang saham Allo Bank bisa rebound alias kembali naik.

Menurut CT, naik dan turun harga saham merupakan hal yang biasa. Bahkan, untuk saham-saham perusahaan digital akhir-akhir ini memang sedang mengalami koreksi.

"Filosofinya saham naik dan turun adalah hal biasa, tapi saham digital pada akhir-akhir ini, tren dunianya itu sedang terjadi namanya koreksi," ungkap Chairul Tanjung.

Tapi menurutnya, saat ini saham Allo Bank tak banyak mengalami koreksi dan mampu rebound. Buktinya hari ini saham Allo Bank berkode BBHI kembali berada di zona hijau.

"Namun, Alhamdulillah koreksinya untuk Allo. Bank sendiri nggak dalam dan bisa rebound. Terbukti hari ini akan rebound kembali," ujar Chairul Tanjung.

Sekadar informasi PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) pada 2021 mencatatkan laba Rp 192,47 miliar. Naik 420% dibandingkan periode 2020 sebesar Rp 37 miliar.

Dalam laporan keuangan Allo Bank penopang laba bersih ini adalah pendapatan bunga bersih sebesar Rp 195,3 miliar.

Penyaluran kredit Allo Bank sepanjang 2021 tercatat Rp 2,19 triliun atau melesat tumbuh 74,76% year on year (yoy). Total aset Allo Bank tercatat Rp 4,64 triliun atau tumbuh 79,74% dibanding 2020 sebesar Rp 2,5 triliun.

Allo Bank adalah bank yang berbasis tech company dalam bentuk app platform yang dihubungkan sebagai ekosistem CT Corp dan juga ekosistem partner CT Corp.

Adapun mitra yang tergabung dalam ekosistem Allo Bank di antaranya Bukalapak, Grab, Traveloka, Indogrosir, Superindo, Indomaret, dan AlloFresh. Tak cuma itu, Allo Bank juga didukung oleh ekosistem lainnya milik perusahaan CT Corp.

(kil/eds)