Cara Jadi Peserta BPJS Kesehatan PBI, Iurannya Dibayar Pemerintah

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 13:19 WIB
infografis turun kelas BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan/Foto: infografis detikHealth
Jakarta -

Peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk selalu membayar iuran setiap bulannya. Kendati demikian, bagi mereka yang kurang mampu dapat mengajukan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI.

BPJS Kesehatan PBI (Penerima Bantuan Iuran) menjadi salah satu fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan untuk masyarakat yang kurang mampu. Untuk itu khusus bagi mereka yang mampu atau memiliki penghasilan rutin, tidak bisa mengambil layanan PBI.

Lantas bagaimana cara mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI?

Melansir dari situs BPJS Kesehatan, proses administrasi pendaftaran pada setiap kanal layanan administrasi dilakukan dengan ketentuan:
1. Mengisi FDIPE (Formulir Daftar Isian Peserta Elektronik);
2. Melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan layanan yang dibutuhkan; dan
3. Memberikan persetujuan layanan administrasi.

Adapun selanjutnya persyaratan administrasi kepesertaan akan disesuaikan dengan ketentuan masing-masing jenis kepesertaan. Khusus untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan PBI, penetapan peserta mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan PBI hanya dapat dilakukan melalui pendataan Kementerian Sosial/Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Barulah setelah itu kepesertaan BPJS Kesehatan PBI akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Sosial dan didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.

Dengan kata lain, masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI harus terlebih dahulu terdaftar dalam DTKS. Barulah kemudian yang bersangkutan bisa meminta pihak Kementerian Sosial/Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk didaftarkan sebagai peserta PBI.

Mengingat penjaminan layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan PBI mengacu pada DTKS, maka apabila terdapat masyarakat yang belum terdaftar dalam DTKS sebagai PBI, yang bersangkutan dapat dilaporkan kepada Dinas Sosial untuk didaftarkan dalam DTKS PBI yang aktif di bulan berikutnya.

Lihat juga video 'Hati-hati! Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bisa Kena Denda Rp 30 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)