Alhamdulillah... Jemaah Haji Khusus Dapat Imbal Hasil BPKH, Segini Nilainya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 14:25 WIB
Infografis pengelolaan dana haji
Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melaksanakan kegiatan sosialisasi pengelolaan keuangan haji (23/5) yang digelar di Gedung Serba Guna Bidakara Jakarta dihadiri oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) serta Anggota Badan Pelaksana BPKH, Acep Riana Jayaprawira, Deputi Bidang Keuangan BPKH, Juni Supriyanto beserta jajaran.

Pada kesempatan ini BPKH menjelaskan bahwa sebagaimana jemaah haji reguler yang menerima nilai manfaat, jemaah haji khusus yang mendaftar melalui PIHK juga akan menerima nilai manfaat yang ditransfer melalui virtual account masing-masing jemaah.

Nilai manfaat merupakan keuntungan atau imbal hasil dari investasi dan penempatan dana haji yang dilakukan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"BPKH sebagai badan hukum publik independen yang mengelola keuangan haji, selain mengelola dana setoran awal haji reguler, juga mengelola dana setoran awal jemaah haji khusus, sehingga pembagian nilai manfaat juga diberikan kepada jemaah haji khusus," kata Anggota Badan Pelaksana BPKH, Acep Riana Jayaprawira.

"BPKH siap memproses pengajuan pengembalian saldo setoran BPIH khusus dan pembatalan haji, sesuai dengan amanat UU No.34 Tahun 2014. Dalam mengelola keuangan haji, BPKH berasaskan aman, syariah, efisien, dan likuid, sehingga kapan pun uang jemaah dibutuhkan kami siap melakukan proses pengembalian dana yang telah tersertifikasi ISO 9001:2015 sejak November 2019," sambung Acep.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Juni Supriyanto Deputi Bidang Keuangan BPKH dalam paparannya menjelaskan jumlah total waiting list jemaah haji khusus pada tahun 2021 sebesar 99.928.

Sementara jemaah hingga sampai dengan Bulan April 2022 sebesar 102.054 jemaah, dengan dana yang terkumpul dari jemaah haji khusus yaitu sekitar US$ 488.000.000 atau sebesar 7,1 Triliun Rupiah.

Berapa sih yang bakal diterima Jemaah? Buka halaman selanjutnya.

Simak juga Video: BPKH Siap Transfer Dana Haji 2022 ke Arab Saudi

[Gambas:Video 20detik]