ADVERTISEMENT

Ramai Kabar Mesin ATM di RI Lebih Canggih Ketimbang AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 08:30 WIB
ELMONT, NY - JUNE 07: during the Belmont Stakes at Belmont Park on June 7, 2014 in Elmont, New York.  (Photo by Mike Ehrmann/Getty Images)
Foto: Mike Ehrmann/Getty Images
Jakarta -

Ramai di media sosial terkait mesin ATM di Indonesia lebih canggih dibandingkan dengan mesin ATM milik bank di Amerika Serikat (AS).

Hal ini disampaikan oleh seorang wisatawan asal AS bernama Joy Elizabeth yang mengunggah video di akun TikToknya.

Dalam video itu Joy menyebut mesin ATM di AS hanya bisa digunakan untuk ambil uang tunai atau mengecek saldo.

Joy juga membuat video perbandingan dengan mesin ATM Wells Fargo di AS. Terlihat mesin ATM berwarna merah bertuliskan Wells Fargo.

Kemudian Joy memasukkan kartu ATM ke mesin tersebut dan muncul beberapa menu. Dia juga menuliskan jika mesin ATM di AS hanya bisa untuk mengambil uang tunai, setor, informasi rekening dan pembayaran kartu kredit untuk bank yang sama.

Dia juga menampilkan fitur-fitur mobile banking yang ada di AS. Fasilitasnya tidak sebanyak mobile banking yang ada di Indonesia.

Netizen mengira jika mesin ATM di AS sama dengan di Indonesia. Kemudian Joy menyebut jika bank-bank di AS tidak memiliki jaringan bersama seperti di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi wellsfargo.com disebutkan nasabah bisa melakukan transaksi penarikan uang tunai, kirim uang, cek saldo dan setor.

Dalam situs tersebut juga dijelaskan jika nasabah bisa menggunakan layanan dompet digital untuk pengganti kartu debit ATM Wells Fargo.

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan memang fasilitas atau fitur mesin ATM di Indonesia jauh lebih canggih dibanding AS.

"Iya dong, karena di Indonesia itu bisa untuk banyak transaksi. Mulai dari setor tunai, bayar listrik, bayar asuransi, tiket pesawat dan banyak lagi. Di Amerika itu memang terbatas transaksinya, seperti cuma bisa ambil tunai dan cek saldo serta beberapa transaksi lain," jelasnya.



Simak Video "Kartu ATM Jatuh ke Got Sampai Minta Bantuan Damkar, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT