ADVERTISEMENT

Gini Cara Ikut Program OJK Biar Dapat Kredit Tanpa ke Rentenir!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 14:34 WIB
Pinjam Online
Foto: Kredit Gampang dari OJK, Jangen ke Pinjol Ilegal atau Rentenir Online Lagi Ya! (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mensosialisasikan Program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir atau yang disingkat K/PMR.

Program ini jadi jurus OJK menghalau maraknya rentenir dan pinjam online ilegal yang menjamur luas di tengah masyarakat hingga menimbulkan keresahan.

Program K/PMR sendiri adalah kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal kepada pelaku Usaha, Mikro dan Kecil (UMK) dengan proses yang cepat, mudah, dan berbiaya rendah.

"Program ini dilatarbelakangi oleh maraknya praktik penawaran kredit atau pembiayaan yang dilakukan oleh entitas ilegal seperti rentenir dan pinjaman online ilegal. Hadirnya K/PMR bertujuan untuk mengurangi ketergantungan atau pengaruh dari entitas ilegal."

Demikian seperti dikutip dari akun resmi OJK, Selasa (7/6/2022).

Dalam praktiknya, program K/PMR disalurkan oleh LIK dengan nama program yang beragam, sesuai dengan masing-masing Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Hingga kuartal I 2022, sudah terdapat 65 TPAKD yang telah mengimplementasikan program K/PMR dengan total 91 skema K/PMR.
Bagaimana cara ikutnya?

Ada sejumlah cara yang perlu diperhatikan masyarakat yang ingin mendapatkan akses program K/PMR.

Pertama, mengecek langsung TPAKD di wilayah masing-masing dan pastikan TPAKD telah mengimplementasikan program K/PMR.

Kedua, melakukan pengecekan nama produk layanan dan LJK penyalur. Pastikan nama program yang berlaku sesuai dengan daftar yang tersedia. Jangan tertipu dengan yang bodong ya!

Ketiga, kunjungi langsung lembaga jasa keuangan yang bersangkutan. Ini dilakukan untuk memperoleh onformasi lanjutan perihal program yang disediakan dari mulai cara pendaftaran hingga proses pembayaran cicilan.

Keempat, lakukan pengajuan. Setelah semua informasi yang diperoleh dirasa cukup, masyarakat bisa langsung melakukan pengajuan kredit.

Pertanyaannya, di daerah kamu ada nggak ya Lembaga Jasa Keuangan yag menyediakan K/PMR?

Cek berita selanjutnya untuk dapat daftar lengkap nama lembaga jasa keuangan beserta lokasinya ya!

Lihat juga Video: OJK Sebut Pandemi COVID19 Peluang Investasi Lebih Besar

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT