ADVERTISEMENT

Waspada Penipuan Berkedok Tawaran Jadi Nasabah BCA Prioritas

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 20:15 WIB
Ilustrasi Penipuan Online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Heboh modus penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang menggunakan nama BCA dan iklan Akun BCA palsu di media sosial.

Penipu itu menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas. Tak cuma itu ada juga penipuan yang menawarkan apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

Direktur BCA Haryanto T Budiman mengungkapkan nasabah harus waspada jika endapat telepon atau WhatsApp dari nomor yang mengatasnamakan BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip.

"Ketika sedang membuka Instagram, nasabah mendapat iklan di Instagram Palsu yang seolah-olah dari akun resmi BCA dan menawarkan untuk upgrade ke BCA Solitaire dan Prioritas, apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip," kata dia dalam siaran pers, Rabu (8/6/2022).

Dia menyebut belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital.

"Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi Anda seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dll. Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun,'' urai Haryanto.

EVP Individual Customer Business Development BCA Adrianus Wagimin mengatakan maraknya penipuan di media sosial seperti di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas mendorong kami untuk secara berkelanjutan dan konsisten memberikan edukasi kepada nasabah untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang ada. Sebagai informasi, nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaaan (membership) yang bersifat exclusive dan undangan.

"Oleh sebab itu, menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, tidak hanya berdasarkan nominal deposito atau tabungan nasabah di BCA," jelas dia.

Adrianus mengatakan jika telah menjadi korban penipuan, silakan laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau lewat Aplikasi HaloBCA. Yuk kita bersama-sama agar akun-akun palsu tersebut tidak kian merajalela mencari korban.

"Jika menemukan nomor telepon atau WhatsApp BCA palsu, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888,'' jelas Adrianus.

Mau tahu modusnya? Buka halaman selanjutnya ya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT