ADVERTISEMENT

Siap-siap! Bank Sentral Eropa Bakal Naikkan Suku Bunga Bulan Depan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 22:00 WIB
Managing Director International Monetary Fund (IMF)
Presiden Bank Central Eropa Christine Lagarde. Foto: Dana Aditiasari/detikFinance
Jakarta -

Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) mengumumkan rencana kenaikan suku bunga bulan depan. Dikutip dari CNBC.com disebutkan ECB juga akan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut.

Pada rapat bulan Juli mendatang, ECB diyakini akan menaikkan bunga acuan sebesar 25 basis poin.

Kemudian akan ada kenaikan lagi pada September mendatang. Namun besaran kenaikannya tergantung kondisi pasar dan prospek inflasi. Sekadar informasi, inflasi di Eropa mencapai rekor terbaru yaitu 8,1% pada Mei.

Para pemangku kebijakan di Eropa saat ini diharapkan dengan tantangan pengendalian inflasi di tengah perlambatan ekonomi akibat perang Ukraina dan sanksi embargo yang terjadi antara Uni Eropa dan Rusia.

Ekonom mengungkapkan pasar mengalami kebingungan terkait ekspektasi kenaikan bunga 25 basis poin atau 50 basis poin pada Juli dan September. Jika hal itu terjadi, ini artinya ECB akan keluar dari zona suku bunga negatif pada akhir September. Saat ini berada di level -0,5%.

ECB juga mengubah proyeksi inflasi. Saat ini inflasi tahunan diperkirakan mencapai 6,8% pada 2022. Kemudian tahun 2023 akan berada di level 3,5% serta 2024 berada di level 2,1%.

Pihak ECB mengungkapkan pandemi COVID-19 yang terjadi membuat kondisi perekonomian tertekan dan turut mengganggu kebijakan moneter.

Federal Reserve AS mulai mengerek suku bunga sebesar 50 basis poin pada Mei lalu. Kemudian Bank of England juga menaikkan bunga selama empat kali berturut-turut.



Simak Video "Segera Ajukan KPR, Sebelum.."
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT