ADVERTISEMENT

Viral Uang Palsu Tetap Nyala saat Dicek Sinar UV, Ini Penjelasan BI

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 20:30 WIB
uang palsu di trenggalek
Ilustrasi Uang Palsu/Foto: Adhar Muttaqien
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang yang melakukan pengecekan keaslian uang nominal Rp 100.000. Seorang yang memvideokan kejadian tersebut pun, nampak meragukan keaslian uang itu.

[Gambas:Instagram]

Menurutnya, bahan uang kertas itu berbeda dengan yang lain, meskipun logo Bank Indonesia (BI) bisa menyala saat uang diperiksa di bawah sinar UV. Hingga saat ini, belum dipastikan apakah uang tersebut adalah uang asli atau palsu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan bahwa pihaknya mengimbau masyarakat jika menemukan uang Rupiah yang diragukan keaslianya, untuk membawanya ke BI.

"Terkait uang di video tersebut, kami mengimbau masyarakat apabila menemukan uang Rupiah, yang diragukan keasliannya untuk membawanya ke Bank Indonesia agar dapat diteliti oleh kami kebenarannya," kata Herdiawan kepada detikcom, Senin (27/6/2022).

Pria yang akrab dipanggil Iwan itu mengungkapkan bahwa BI memiliki laboratorium uang palsu, yang dapat memastikan keaslian uang Rupiah.

"BI memiliki laboratorium uang palsu yang dapat memastikan keaslian uang Rupiah. Jadi, kita bisa memastikan keasliannya secara lebih akurat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa, pada prinsipnya uang Rupiah telah dilengkapi dengan berbagai pengaman seperti bahan uang, teknik cetak dan unsur pengaman, yang sesuai dengan standar internasional.

Berikut adalah cara untuk mengenali ciri keaslian uang Rupiah, tanpa alat bantu yang diungkapkan Iwan. Masyarakat dapat mengenali ciri keaslian uang tanpa alat bantu melalui:

Dilihat: ada benang pengaman

Diraba: Terasa kasar pada gambar pahlawan, angka nominal, dan blind code

Diterawang: Tanda air gambar pahlawan dan gambar saling isi logo BI (rectoverso).

Lihat juga video 'Polisi Ringkus Pembuat-Pengedar Uang Palsu di Gowa':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT