ADVERTISEMENT

Daftar Biaya Admin Bank Mandiri, BNI hingga BCA, Mana yang Paling Besar?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 12:14 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Ilustrasi Bank. Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Pemilik rekening di bank pasti sudah mengetahui terkait biaya administrasi atau yang lebih dikenal dengan biaya admin. Nah besaran biaya admin ini juga kadang menjadi hal yang dipertimbangkan nasabah.

Setiap bank akan memberikan biaya admin yang berbeda. Tergantung dari jenis tabungan yang diambil dan jumlah saldo mengendap yang ada di dalam rekening.

Tapi ada juga bank yang menawarkan tabungan tanpa biaya admin alias gratis. Namun hal ini juga disesuaikan dengan fasilitas yang diterima.

Berikut rincian biaya admin bank BUMN dan bank swasta yang dirangkum dari website resmi bank:

Bank Mandiri

Untuk tabungan Rupiah Bank Mandiri mengenakan biaya admin Rp 12.500 per bulan. Saldo minimal yang harus ada di rekening adalah Rp 100 ribu. Lalu jika saldo minimum tak terpenuhi atau rekening menjadi pasif maka dikenakan biaya tambahan Rp 5 ribu. Untuk penutupan rekening dikenakan biaya Rp 50 ribu.

Tak cuma tabungan biasa, Bank Mandiri juga punya produk TabunganKu yang biaya administrasinya nol rupiah.

BNI

BNI memberlakukan biaya pengelolaan rekening per bulan sebesar Rp 11 ribu per bulan. Minimum saldo di dalam rekening adalah Rp 150 ribu. Lalu denda jika saldo di bawah minimum adalah Rp 5 ribu. Untuk penutupan rekening dikenakan biaya Rp 10 ribu.

BCA

Untuk produk Tahapan BCA kategori Blue Paspor biaya admin sebesar Rp 15 ribu, kemudian Gold Paspor biaya admin Rp 17 ribu dan penalty Rp 5 ribu. Selanjutnya platinum Paspor Rp 20 ribu.

Sedangkan untuk kartu GPN Blu Paspor Rp 14 ribu, Gold Paspor Rp 16 ribu dan penalty Rp 5 ribu serta platinum Paspor Rp 19 ribu.

BRI

Biaya administrasi bulanan Bank BRI tabungan BritAma adalah sebesar Rp 12.000. Produk tabungan BRI BritAma didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online, yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Untuk saldo minimum Rp 50 ribu dan biaya penutupan rekening Rp 50 ribu.

CIMB Niaga

CIMB Niaga memiliki beberapa jenis produk tabungan yang bisa dipilih nasabah sesuai dengan kebutuhan.

Kali ini detikcom mengutip produk Octo Savers Konvensional. Untuk saldo minimum yang mengendap harus Rp 50 ribu. Biaya administrasi bulanan gratis. Namun ada biaya saldo di bawah minimum atau Fall below fee sebesar Rp 17.500. Nah biaya ini akan dikenakan jika saldo rata-rata bulanan kurang dari Rp 2 juta. Jadi jika saldo kamu Rp 1,9 juta kamu akan kena biaya Rp 17.500 per bulan.

Ada biaya dormant sebesar Rp 5.000 jika rekening tak aktif. Produk ini juga memberikan bebas biaya tarik tunai di ATM Bank lain maksimal 20 kali transaksi per rekening per bulan jika saldo di atas Rp 2 juta.



Simak Video "Yang Perlu Kamu Tahu Seputar Bank Digital Allo Bank"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT