ADVERTISEMENT

Nggak Dapat Bantuan UMKM, Emak-emak 'Protes' di Depan Jokowi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 13 Jul 2022 11:52 WIB
Jokowi Dialog dengan Warga
Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Seorang emak-emak penjual sayuran protes di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena tidak tersentuh bantuan UMKM dari pemerintah. Momen ini terjadi saat Jokowi berpidato dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan.

Awalnya, Jokowi mengajak lima pelaku UMK untuk naik ke atas panggung. Jokowi kemudian bertanya kepada Sulastri, salah satu pelaku UMK terkait bantuan kredit dari bank.

"Sudah punya kredit di bank belum," tanya Jokowi kepada Sulastri, Rabu (13/7/2022). Sulastri yang akrab disapa Bude itu langsung merespon pertanyaan Jokowi.

"Justru itu yang mau saya laporkan, pak Jokowi. Karena saya nggak punya kredit KUR, kenapa saya waktu ada bantuan UKM saya nggak dapat," timpal Bude. Jawaban Bude disambut riuh penonton yang hadir dalam acara tersebut.

Ia mempertanyakan kenapa bantuan dari pemerintah tidak tersalurkan menyeluruh. Menurutnya bantuan semacam itu, termasuk KUR, bisa menyelamatkan pelaku usaha kecil dari jerat rentenir.

Jokowi mengaku bantuan UMKM memang tidak bisa disalurkan menyeluruh. "Sekarang gini, kalau yang bantuan, dari 65 juta UMKM, yang hanya dibantu tidak semua, hanya 20 juta. Jadi ada yang tidak dapat," ungkap Jokowi.

Meski mendapatkan protes, Jokowi tetap mengapresiasi semangat dari Bude. Menurutnya, hal inilah yang harus ditiru pelaku usaha, yaitu tetap semangat dalam kondisi apapun.

Simak Video 'Jokowi: Pemerintah Kalau Nggak Urus UMKM, Keliru & Salah Besar!':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT