ADVERTISEMENT

BRI Dorong Transaksi Digital di Kalangan Pengusaha SPBU-Agen LPG

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 15 Jul 2022 17:12 WIB
Kerja Sama Program Multiproduk
Foto: Angga Laraspati/detikcom
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjalin kerja sama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPD III. Lewat kerja sama ini, ekosistem pembayaran digital BRI pun digunakan pelaku usaha yang tergabung dalam Hiswana Migas DPD III.

Adapun produk dan layanan yang dikerjasamakan meliputi IBBIZ, EDC dan QRIS, Kartu Kredit khusus anggota Hiswana Migas DPD III, Asuransi Jiwa PIJAR, dan juga ekosistem pembayaran dan pendistribusian gas LPG 3 Kg BRIMOLA.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara BRI dengan Hiswana Migas DPD III, hari ini. Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengatakan dari kolaborasi ini diharapkan BRI bisa memberikan solusi terbaik untuk mendorong cashless society.

"Pemerintah bersama seluruh stakeholder-nya terus akan mendorong transaksi berbasis digital dalam rangka meningkatkan efisiensi, agar masyarakat dapat menikmati layanan yang lebih murah, cepat, mudah dan handal," kata Handayani di Kantor BRI, Jumat (15/7/2022).

Untuk mendorong digitalisasi itu, BRI memberikan beberapa keuntungan bagi para pengusaha migas setiap melakukan transaksi menggunakan pembayaran digital berbasis ekosistem BRI.

Adapun beberapa keuntungan bagi pengusaha migas anggota Hiswana Migas DPD III antara lain seperti agen LPG 3 Kg yang bertransaksi lebih dari 10.000 kali dan SPBU yang bertransaksi menggunakan mesin EDC dan QRIS BRI bisa mendapatkan paket wisata.

"Selain itu, program ini juga dapat mendukung bisnis usaha pengusaha minyak dan gas seperti program cashback retensi dana, program racing transaksi BRIMOLA, racing sales volume EDC dan QRIS, corporate card, asuransi, dan sebagainya," ungkap Handayani.

Handayani pun menjelaskan dalam program yang berjalan mulai Agustus hingga November tersebut diharapkan dapat memberikan beberapa keuntungan bagi masyarakat dan juga pelaku usaha bisa memberi pelayanan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua Hiswana Migas DPD III Juan Tarigan menuturkan lewat kolaborasi ini pihaknya ingin mewadahi kebutuhan-kebutuhan anggotanya dalam bertransaksi.

"Ini menurut kami adalah pangsa pasar yang cukup besar untuk bekerja sama dengan BRI, karena selama ini pangkalan dengan agen kebanyakan transaksinya cash," tutur Juan.

Sebagai informasi, hingga kuartal II-2022 jumlah mesin EDC Merchant BRI tercatat sebanyak 216.224 EDC dengan sales volume bisnis acquiring BRI mencapai Rp 66,4 triliun yang tumbuh 144% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.



Simak Video "Usaha Telur Ayam Blitar Kini Go Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT