ADVERTISEMENT

Mantul! BI Beri Sinyal Biaya Transfer Antar Bank Turun Lagi dari Rp 2.500

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 17 Jul 2022 09:00 WIB
Woman sending money to her friend using mobile phone
Foto: Getty Images/iStockphoto/grinvalds
Nusa Dua -

Bank Indonesia memberi sinyal akan menurunkan biaya transfer dengan BI-Fast lebih murah lagi dari tarif sekarang. Tarif transfer antar bank dengan BI-Fast saat ini dikenakan Rp 2.500 per transaksi.

"Saat ini biaya transfer antarbank BI Fast Rp 2.500, sebelumnya Rp 6.500," ujar Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam Side Event di Bali, Sabtu (16/7/2022).

Ia memperkirakan biaya transaksi dengan BI-FAST bisa turun dari biaya sekarang yang berlaku. Sayangnya dalam penjelasannya, tidak dijelaskan lebih detail lagi.

"Tapi mungkin bisa di bawah Rp 2.500 per transaksi," lanjutnya.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan BI-Fast memang sistem pembayaran dengan tarif yang terbilang murah dibandingkan biaya transfer antarbank yang difasilitasi oleh perbankan yang umumnya sebesar Rp 6.500/transaksi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sempat mengatakan transaksi melalui sistem BI FAST mencapai 700 ribu per hari. Angka itu akumulasi dari Desember 2021 ketika diluncurkan hingga saat ini.

"BI FAST payment, sejak kami luncurkan pada Desember 2022, sekarang setiap harinya 700 ribu transaksi ritel," ungkapnya, di Nusa Dua, Bali.



Simak Video "Daftar 21 Bank dengan Biaya Transfer Cuma Rp 2.500"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT