Waspada Modus Penipuan Berkedok Promosi Bank Berkeliaran!

ADVERTISEMENT

Waspada Modus Penipuan Berkedok Promosi Bank Berkeliaran!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 23 Jul 2022 11:00 WIB
Ilustrasi penipuan online
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penipuan di sektor perbankan masih terjadi. Para nasabah harus berhati-hati dan waspada dengan modus penipuan yang mengatasnamakan bank.

Dikutip dari news letter Bank Mega, disebutkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tak menjadi korban penipuan:

Pertama, jangan pernah memberikan informasi PIN, CVV atau 3 angka di belakang kartu, kode OTP, username & password kepada siapapun baik telepon, WhatsApp, SMS, email, website maupun comment atau direct message dari sosial media. Hal ini karena petugas Bank tidak pernah meminta data-data tersebut dari nasabah.

Kedua, hati-hati jika menerima telepon dari nomor yang mencurigakan dan terlihat mirip dengan nomor resmi MEGACALL. Nomor telepon resmi MEGACALL adalah 080400010 tanpa kode area +62 atau 021.

Ketiga, hati hati jika menerima email yang meminta informasi pembaruan akun. Jangan pernah tergiur dengan informasi atau promo diskon. Biasanya modus ini mengarahkan nasabah untuk mengklik sebuah tautan untuk masuk ke halaman palsu. Lalu nasabah akan diminta mengisi banyak data yang sifatnya rahasia.

Keempat, perhatikan notifikasi transaksi finansial yang diterima dan segera lapor jika ada transaksi finansial yang tak pernah dilakukan oleh nasabah.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT