ADVERTISEMENT

BNI Perluas Layanan Kredit untuk Diaspora di Kanada

Inkana Putri - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 16:12 WIB
BNI New York
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus berupaya mengoptimalkan potensi bisnis komunitas diaspora. Salah satunya dengan menggandeng diaspora di Kanada melalui produk fasilitas diaspora loan.

Melalui cabang New York, BNI menyalurkan kredit kepada Axia Distribution di Vancouver dan Nai-Nai Noodles di Toronto. Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan menyampaikan sejauh ini, layanan diaspora loan BNI telah efektif di Singapura, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Diaspora Loan merupakan pinjaman/pemberian kredit bagi Diaspora Indonesia dan didesain secara komprehensif serta prudent untuk mengakomodir kebutuhan Diaspora Indonesia dalam mengembangkan usahanya di luar negeri," kata Henry dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Henry menjelaskan Axia Distribution merupakan perusahaan milik diaspora Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 2004 di Vancouver. Perusahaan ini mengimpor barang berupa karpet dapur dari Indonesia untuk dijual di Kanada dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Nai-Nai Noodles merupakan rumah makan yang menjual makanan berupa mie ayam khas Indonesia. Usaha ini didirikan sejak dua tahun lalu oleh diaspora Indonesia di Toronto bernama Sherlin.

Dalam penandatanganan komitmen yang dilakukan secara virtual, Sherlin dari Nai-Nai Noodles mengaku sangat terbantu dan berterima kasih atas dukungan BNI New York terhadap usaha kecil menengah yang mereka miliki.

Dalam kesempatan yang sama, Axia Distribution menyatakan pinjaman dari BNI New York membantu pengembangan bisnis usahanya.

Henry melanjutkan ke depannya, BNI New York akan terus menggali dan berperan aktif memfasilitasi bisnis UMKM milik diaspora Indonesia di Amerika Serikat dan Kanada.

"Dengan mandat yang kami terima sebagai global bank asal Indonesia, tentunya akan lebih banyak inovasi serta hubungan bisnis yang kami kembangkan untuk memperluas bisnis Indonesia khususnya ke Amerika Serikat dan Kanada," imbuhnya.

Terkait hal ini, Duta Besar RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak mengapresiasi langkah proaktif BNI di Kanada. Menurutnya, BNI mampu menggali banyak potensi bisnis dari diaspora Indonesia di Kanada yang berjumlah sekitar 21.000 jiwa dengan berbagai profesi dan usaha.

"Kedutaan Besar RI di Ottawa dan Konsulat Jenderal RI di Toronto dan Vancouver sangat mengapresiasi BNI New York yang terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan bisnis diaspora Indonesia di Kanada," pungkasnya.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT