ADVERTISEMENT

Mahfud Md Sebut Transaksi Pakai Dinar Sah-sah Saja, Ini Lho Aturannya

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 13:24 WIB
Mahfud Md pimpin rapat koordinasi terbatas di Kemenko Polhukam (dok. Kemenko Polhukam)
Foto: Mahfud Md Sebut Transaksi Pakai Dinar Sah-sah Saja (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan menggunakan mata uang dinar dalam jual beli sah-sah saja. Hal itu menurut Mahfud sama seperti saat transaksi menggunakan mata uang Dolar.

Menurut Mahfud, Indonesia sering melakukan jual beli dengan menggunakan mata uang dolar. Hal itu pun tak jadi masalah karena penggunaan dolar itu telah menjadi kesepakatan bersama.

"Saya kemarin protes ketika (ada) yang menjual pakai dinar lalu dibilang itu radikal. Lha apanya radikal wong kita pakai dolar ndak apa-apa, kok ditangkap saya bilang, kenapa, pakai dinar itu kan biasa. Wong hukum perdata," ucapnya di kampus terpadu UII, Jalan Kaliurang Km 14,5, Sleman, DIY, seperti dilansir detikJateng, Selasa (26/7/2022).

Bagaimana aturannya?

Penggunaan mata uang di Indonesia sendiri telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Mata uang yang boleh digunakan di Indonesia hanyalah rupiah.

Dalam pasal 2 aturan itu disebutkan bahwa mata uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah rupiah. Rupiah sebagaimana dimaksud disimbolkan dengan Rp.

Mata uang rupiah termasuk dalam bentuk kertas dan logam. Ciri umum rupiah kertas paling sedikit memuat gambar lambang negara 'Garuda Pancasila' dengan frasa 'Negara Kesatuan Republik Indonesia'.

UU itu juga menegaskan bahwa Bank Indonesia yang merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan pengeluaran, pengedaran dan pencabutan dan penarikan rupiah.

Dalam pasal 21 juga disebutkan bahwa rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainnya yang harus dipenuhi dengan uang serta transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di wilayah NKRI.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT