ADVERTISEMENT

Lagi! The Fed Naikkan Suku Bunga 75 Basis Poin

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 07:42 WIB
Jerome Powell
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga acuannya. The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin.

Kenaikan suku bunga acuan ini telah terjadi dua kali berturut-turut dalam jangka waktu yang berdekatan. Pada akhir pertemuan The Fed bulan Juli, anggota bank sentral AS sekali lagi menyetujui kenaikan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase.

Anggota bank sentral memilih langkah ekstrim ini dengan suara bulat. Seluruh anggota mendukung langkah agresif untuk mengatasi inflasi dengan menaikkan suku bunga.

"Inflasi masih meningkat, mencerminkan ketidakseimbangan penawaran dan permintaan terkait pandemi. Harga pangan dan energi yang lebih tinggi, dan tekanan harga yang lebih luas," kata The Fed dalam pernyataan resminya, dilansir dari CNN, Kamis (28/7/2022).

Tindakan ekstrim bank sentral ini disebut belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini menekankan seberapa jauh The Fed bersedia mendorong ekonomi untuk meredam kenaikan biaya bagi orang Amerika di tengah tingkat inflasi tertinggi sejak 1980-an.

"Indikator pengeluaran dan produksi baru-baru ini telah melunak. Meskipun demikian, kenaikan pekerjaan telah kuat dalam beberapa bulan terakhir, dan tingkat pengangguran tetap rendah," kata The Fed.

Pada bulan-bulan sebelumnya, bank sentral mencatat harga energi yang lebih tinggi. Bulan ini, pertama kali The Fed memasukkan kenaikan biaya makanan dalam analisis mereka.

Ketika pandemi pertama kali melanda Amerika Serikat, The Fed meluncurkan serangkaian tindakan darurat untuk mendukung perekonomian. Termasuk memangkas suku bunga menjadi nol, membuatnya hampir bebas untuk meminjam uang.

Tapi ternyata kebijakan uang mudah atau easy money itu justru mendorong pengeluaran oleh rumah tangga dan bisnis. Nah hal ini memicu inflasi dan berkontribusi pada ekonomi yang terlalu panas saat ini.

Sekarang ekonomi AS tidak lagi membutuhkan dukungan dari The Fed. Bank sentral telah mengambil langkah-langkah untuk memperlambat ekonomi dengan menaikkan suku bunga.



Simak Video "Segera Ajukan KPR, Sebelum.."
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT