ADVERTISEMENT

Kepo Sama Sejarah Uang Rupiah? Ke GBK Yuk

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 12:31 WIB
Antusiasme Warga di Peluncuran Uang Rupiah Cetakan Baru di GBK
Foto: Antusiasme Warga di Peluncuran Uang Rupiah Cetakan Baru (Sylke Febrina Laucereno/detikcom)
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) menggelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 dengan tema Bersatu Dalam Rupiah Berdaulat di NKRI.

Dalam festival ini, BI menampilkan uang-uang yang pernah digunakan di Indonesia. Mulai dari uang era Belanda sampai Jepang.

Selain itu ditampilkan juga Oeang Republik Indonesia (ORI) hingga ORIDA. Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengungkapkan festival ini merupakan tempat untuk masyarakat agar mengetahui sejarah uang.

"FERBI untuk mengetahui sejarah uang dan edukasi ke masyarakat. Jadi kami memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengenali uang rupiah," ujar Marlison di Hall Basket GBK, Jumat (19/8/2022).

Marlison menjelaskan festival ini digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Selain itu festival diharapkan bisa menumbuhkan optimisme, semangat kbangsaan dan memperkuat kedaulatan negara melalui Rupiah.

FERBI digelar 19 - 21 Agustus 2022 dan bisa dihadiri secara gratis. Akan ada talkshow, layanan penukaran uang dan kegiatan lain.

Penukaran uang bisa dilakukan dengan mendaftar ke aplikasi BI Pintar. Lalu ada uang pecahan kertas tahun emisi 2022 yang bisa ditukarkan mulai dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan 100.000.

Marlison menjelaskan ada tiga inovasi penguatan uang yaitu desain warna yang lbih tajam, unsur pengamanan yang andal dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Dia mengungkapkan inovasi ini agar masyarakat mudah mengenali keaslian, nyaman dan aman digunakan. Sehingga lebih sulit dipastikan dan rupiah makin berkualitas dan terprcaya serta jadi kebanggan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Indonesia.

Simak Video: Jokowi: Bayangkan Kalau Pertalite Rp 17.100, Demonya Berapa Bulan?

[Gambas:Video 20detik]




(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT