ADVERTISEMENT

Orang Makin Jarang Transaksi Pakai Uang Cash, Ini Buktinya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 12 Sep 2022 14:04 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Di era digital ini, penggunaan uang cash sudah mulai berkurang. Masyarakat mulai banyak yang beralih melakukan transaksi secara cashless.

Direktur Utama (Dirut) Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan dari sisi perkembangan, Bank DKI sedang melakukan transformasi di sisi sumber daya manusia, terutama harus mengikuti perkembangan zaman.

"Kita bikin superapps JakOne Mobile, buka rekening sudah bisa juga lewat sini. Lalu, banyak segmen terdampak Covid-19, sehingga transaksi pakai mobile," ujarnya di Thamrin 10, Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

Lebih lanjut, menurutnya penggunaan cash atau uang tunai semakin lama makin berkurang dengan adanya QRIS, sehingga perusahaan juga memiliki JakOne Pay.

"Segmen kita anak muda, mereka generasi penerus, dan semua sudah digital. Untuk mendukung peran anak muda, kita gelar aktivitas, tampilkan band, dan kompetisi tarian modern dengan visi yang indah, mulai SD kita masuk bagaimana tentang menabung, kenapa perlu menabung," katanya.

Sampai dengan kuartal II 2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi, diikuti dengan transaksi QRIS yang tumbuh 742% (yoy).

Atas upaya perbaikan yang terus dilakukan, Bank DKI berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya kategori 15 bank terbaik di Indonesia sekaligus masuk dalam jajaran World's Best Banks atau bank terbaik di dunia tahun 2022 versi majalah Forbes. Tidak hanya itu, Bank DKI juga meraih penghargaan Infobank Awards kategori Special Performance Bank, Golden Trophy dan Predikat Kinerja "Sangat Bagus" kategori KBMI 2.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT