3 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP Terbaru 2022

ADVERTISEMENT

3 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP Terbaru 2022

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 18:30 WIB
Sejumlah nasabah mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT). Salah satunya di kawasan Sudirman, Jakarta.
Cara Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK
Jakarta -

Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK bagaimana caranya? Selama menjadi peserta BPJS, kalian akan mendapatkan kartu BPJS sebagai bukti kepesertaan BPJS dan sebagai kartu identitas peserta BPJS.

Perlu diketahui bahwa pada kartu BPJS terdapat nomor BPJS atau nomor Virtual Account dari masing-masing peserta yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya. Nomor BPJS ini menjadi penting karena dapat digunakan untuk mengecek tagihan BPJS dan juga untuk mengetahui informasi seputar BPJS.

Melansir dari situs finansialku, apabila kalian lupa nomor BPJS kalian hanya perlu melihat kembali kartu BPJS yang kalian miliki. Namun jika kartu kalian hilang atau rusak bagaimana cara mengetahui nomor BPJS tersebut?

Kalian tidak perlu khawatir tentang hal itu, sebab Untuk mengatasi lupa nomor BPJS, kalian hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan atau yang sering kita sebut dengan NIK. Pastinya kalian tidak asing lagi dengan hal ini, karena NIK terdapat di KTP kalian.

Lalu apakah hanya dengan NIK saja atau ada nomor lainnya? sebenarnya kalian dapat menggunakan Nomor Induk Pegawai dan yang lainnya, namun cara mengetahui nomor BPJS menggunakan NIK adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Berikut cara mudah cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK di KTP:

1. Website

- Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
- Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
- klik "Saya bukan robot" atau recaptcha.
- Klik login.
- Pilih cek kartu digital.
- Selanjutnya, akan tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

2. Aplikasi JMO

Aplikasi JMO bisa dijadikan alternatif selanjutnya untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan, dan juga untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, sebelumnya Anda harus sudah memiliki aplikasi ini dan sudah terdaftar terlebih dahulu di sana.

Selanjutnya, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO. Namun, cara ini hanya berlaku untuk kamu yang sudah pernah mendaftar di aplikasi JMO, ya.

3. Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Jika kamu enggan mengunduh aplikasi JMO, kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan via situs resmi mereka. Caranya, kamu hanya tinggal membuka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selanjutnya, login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Kemudian, klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaanmu.

Demikian cara mudah untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK. Semoga bermanfaat ya!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT