Anggota DPR Dorong Pembiayaan BSI untuk UKM Digenjot

ADVERTISEMENT

Anggota DPR Dorong Pembiayaan BSI untuk UKM Digenjot

Sukma Nur Fitriana - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 14:51 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mendorong agar kinerja khusus untuk pembiayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Bank Syariah Indonesia (BSI) ditingkatkan. Namun di sisi lain, Heri juga mengapresiasi pertumbuhan pembiayaan BSI di segmen mikro.

Menurutnya, selama ini perbankan terus didorong untuk menjaga ekosistem industri halal bisa mengalami kemajuan dan berkembang, tapi pembiayaan UMKM yang lemah masih menjadi hambatan.

"Kami melihat penurunan pembiayaan untuk segmen kecil dan menengah yang mencapai 6,63%. Ini kabar yang kurang baik untuk upaya pemulihan UKM kita. Sementara pembiayaan korporat tumbuh sampai 24,95%. Padahal, kita ketahui bersama ekosistem industri halal itu mayoritas adalah para pelaku UMKM," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Ia tetap mengapresiasi pembiayaan BSI untuk segmen mikro yang sudah tumbuh 31,13%. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini meningkat secara signifikan. Sedangkan secara umum, pembiayaan BSI telah tumbuh sebesar 18,55%

"Kami mengapresiasi masalah ini. Kita melihat segmen mikro tumbuh sampai 31,13%. Ini tentu in line dengan peningkatan pembiayaan KUR yang meningkat secara signifikan," pungkasnya.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT