ADVERTISEMENT

Lengkap! Nih Nomor Call Center BPJS Kesehatan yang Aktif 24 Jam

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 11:39 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di semua golongan. Hal itu dilakukan untuk menutup defisit keuangan di BPJS Kesehatan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Bagi peserta yang tengah membutuhkan layanan bantuan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan layanan call center BPJS Kesehatan melalui nomor 165. Adapun call center ini dapat dengan mudah dihubungi peserta selama 24 jam.

Lewat call center BPJS Kesehatan, peserta bisa mencari tahu informasi terkait data kepesertaan, informasi pendaftaran, iuran, fasilitas kesehatan, hingga pengaduan.

Bahkan melalui call center BPJS Kesehatan (165) ini masyarakat juga bisa melakukan layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, PBPU, serta BP; pendaftaran bayi baru lahir non PBI Jaminan Kesehatan; peralihan segmen peserta ke PBPU dan perubahan data.

Peserta JKN-KIS juga dapat konsultasi kesehatan melalui layanan Tanya Dokter, Chat Assistant JKN (CHIKA) dan layanan Voice Interactive JKN (VIKA). BPJS Kesehatan Care Center juga terhubung dengan kantor cabang BPJS Kesehatan sehingga mempermudah proses pengaduan.

Bagi peserta, sebelum menghubungi call center BPJS Kesehatan, disarankan untuk menyimpan atau mencatat nomor kepesertaan apabila dibutuhkan saat berkonsultasi dengan petugas.

Selain call center, pihak BPJS Kesehatan juga melayani pengaduan melalui sosial media resmi BPJS Kesehatan. Masyarakat juga dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mengurus administrasi hingga melakukan pembayaran.

Agar lebih mudah untuk dipahami, berikut beberapa cara yang bisa peserta gunakan untuk menghubungi call center BPJS Kesehatan:

1. Nomor resmi call center BPJS Kesehatan 165

Nomor call center resmi BPJS Kesehatan adalah 165. Call center ini dapat diakses oleh para peserta 24 jam. Tentu saja akses layanan tersebut dapat dilakukan di mana pun dan kapanpun.

2. Akun Media Sosial BPJS Kesehatan

Tidak hanya berupa layanan nomor telepon, Anda juga bisa mengadukan berbagai keluhan dan pengaduan melalui akun media sosial BPJS Kesehatan seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Dengan akun media sosial tersebut, BPJS akan semakin mudah berinteraksi dengan peserta penerima BPJS Kesehatan, sehingga berbagai keluhan, pengaduan atau kritik dan saran menjadi mudah.

3. Nomor resmi BPJS Kesehatan via WhatsApp

Pertama-tama peserta perlu kirim pesan ke nomor Layanan CHIKA (Chat Asistant JKN) di 08118750400. Melalui nomor WA ini peserta dapat menanyakan berbagai informasi, mengajukan keluhan, ataupun meminta bantuan administrasi.

4. Aplikasi JKN Mobile

Terakhir, guna memudahkan peserta, BPJS Kesehatan juga dapat dihubungi melalui aplikasi JKN Mobile.

Pengguna hanya perlu mendownload aplikasi mobile JKN di Handphone. Kemudian, registrasi dengan memasukkan nomor kartu BPJS dan alamat email. Kemudian, login dengan data yang telah didaftarkan tadi.



Simak Video "Dirut BPJS Heran: Bayar Rokok Rp 150 Ribu Bisa, Iuran Rp 42 Ribu Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT