ADVERTISEMENT

Simak! 5 Cara Cek Status BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak, Bebas Repot

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 12:13 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di semua golongan. Hal itu dilakukan untuk menutup defisit keuangan di BPJS Kesehatan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak merupakan salah satu informasi yang penting untuk diketahui masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan sejumlah layanan bagi masyarakat yang ingin cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak.

Hal ini menjadi penting terlebih mengingat bagaimana layanan BPJS Kesehatan dapat sangat membantu pesertanya saat dibutuhkan. Selain itu dengan memeriksa apakah status BPJS Kesehatan kita masih aktif atau tidak, kita juga bisa tahu apakah kita sudah membayarkan iuran BPJS.

Sebab bila status BPJS Kesehatan ternyata sudah tidak aktif, artinya bisa saja kita belum membayarkan iuran BPJS tersebut. Jangan sampai saat kita membutuhkan layanan BPJS namun status kepesertaan kita malah tidak aktif.

Lantas, bagaimana cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak? Berikut 6 cara mudah yang dapat dilakukan peserta untuk memeriksa apakah akun BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak:

1. Cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak via Call Center

Peserta dapat mengecek status kepesertaannya melalui call center yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk mengakses call center ini, peserta hanya perlu menghubungi nomor 165.

Layanan ini dapat dengan mudah diakses oleh peserta selama 24 jam, jadi peserta tidak perlu khawatir. Lewat call center BPJS Kesehatan, peserta bisa mencari tahu informasi terkait data kepesertaan, informasi pendaftaran, iuran, fasilitas kesehatan, hingga pengaduan.

Bahkan melalui call center BPJS Kesehatan (165) ini masyarakat juga bisa melakukan layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, PBPU, serta BP; pendaftaran bayi baru lahir non PBI Jaminan Kesehatan; peralihan segmen peserta ke PBPU dan perubahan data.

Berikut cara cek status keaktifan BPJS Kesehatan Care Center 165:

  • Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165
  • Memilih jenis layanan 1 (satu)
  • Memilih layanan status kepesertaan
  • Ketik nomor peserta/NIK
  • Ketik tanggal lahir
  • VIKA akan menyampaikan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

2. Pengecekan melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Layanan CHIKA dapat diakses melalui beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400.

Berikut cara cek Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA:

  • Chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram dan Whatsapp
  • Pilih menu cek status peserta
  • Ketik nomor peserta/NIK
  • Ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta
  • CHIKA akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

3. Cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak via Website

Selain SMS, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa melalui website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian, peserta diminta untuk mengisi data yang diminta.

Adapun, data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. Setelah mengisi semua data klik 'cek' dan data pembayaran akan keluar.

Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif, atau tidak.

4. Pengecekan melalui Aplikasi Mobile JKN

Sebelum melakukan pengecekan Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dulu melalui Google Play Store dan App Store dan mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile.

Berikut cara cek Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui Mobile JKN:

  • Buka Aplikasi Mobile JKN
  • Login menggunakan NIK/nomor kartu dan Password
  • Masukan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera di Aplikasi. Klik Login
  • Pilih menu peserta
  • Halaman akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas

5. Cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak via Petugas BPJS SATU

Petugas BPJS Siap Membantu (BPJS SATU) adalah perwakilan dari pihak BPJS Kesehatan yang ditugaskan di berbagai rumah sakit.

Petugas BPJS SATU selalu memakai rompi khusus berwarna terang, supaya mudah dikenali oleh peserta JKN-KIS yang ada di rumah sakit.

Peserta JKN-KIS yang ingin menanyakan status kepesertaan atau memiliki keluhan lain, terkait pelayanan BPJS Kesehatan, bisa langsung ke BPJS SATU.

Demikian 6 cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak. Bagi peserta aktif, jangan lupa untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatannya ya!

Lihat juga video 'Hati-hati! Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bisa Kena Denda Rp 30 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT