Bikin Heboh India, Uang Rp 20.000 Bergambar Dewa Ganesha Sudah Ditarik BI

ADVERTISEMENT

Bikin Heboh India, Uang Rp 20.000 Bergambar Dewa Ganesha Sudah Ditarik BI

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 01 Nov 2022 15:43 WIB
Uang kertas pecahan Rp 20.000 tahun emisi 1998
Uang Rp 20.000 Tahun Emisi 2008/Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebelumnya uang rupiah pecahan Rp 20.000 tahun 1998 tiba-tiba sempat menarik perhatian publik khususnya di India. Meski demikian, Bank Indonesia (BI) telah memastikan bahwa uang kertas tersebut sudah ditarik dari peredaran.

Setelah beredar cukup lama, rupiah edisi pendidikan tersebut resmi dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia pada 2008. Pencabutan ini berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor: 10/33/PBI/2008.

Sebelumnya, uang kuno RI tersebut ramai diperbincangkan setelah pernyataan Kepala Pemerintahan Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi, Arvind Kejriwal tiba-tiba mendesak Perdana Menteri India Narendra Mobi untuk mencetak foto Dewi Lakshmi dan Dewan Ganesha pada uang kertas rupee.

Kejriwal mengeluarkan pernyataan yang dianggap kontroversial itu dengan alasan akan membawa 'kemakmuran ekonomi' terhadap India. Nah yang menarik adalah Kejriwal membawa nama Indonesia dalam argumennya. Dia menyebut Indonesia yang mayoritas muslim saja mau menempatkan foto Ganesha dalam uang kertasnya.

"Indonesia, yang merupakan negara mayoritas Muslim, mencetak uang kertas dengan gambar Dewa Ganesha," ucapnya dilansir BBC, Senin (31/10/2022).

"Kalau Indonesia bisa, kenapa kita tidak? Seharusnya tidak ada yang keberatan," tambahnya

Memang jika dilihat uang kertas Rp 20.000 bergambar Ki Hajar itu ada gambar patung Ganesha di salah satu sisinya. Lalu di sampingnya ada gambar mantan Menteri Pengajaran Republik Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

Kedua sosok itu dianggap memiliki nafas yang sama. Dewa Ganesha dianggap sebagai dewa pendidikan, hingga kebijaksanaan, sementara Ki Hadjar Dewantara merupakan pahlawan Indonesia yang memiliki jasa dalam bidang pendidikan.

Di sisi lain dari uang kuno Rp 20.000 emisi 1998 ini pun ada gambar aktivitas anak-anak sedang belajar.

Simak juga Video: 9 Orang Ditangkap Terkait Jembatan Ambruk di India

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT