ADVERTISEMENT

Perbankan Terdampak Gempa di Cianjur, Layanan Dialihkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Nov 2022 20:00 WIB
Sekolah Ambruk Akibat Gempa di Cianjur
Foto: Ikbal Selamet
Jakarta -

Gempa bumi terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bencana alam ini menyebabkan ribuan rumah dan fasilitas umum rusak.

Kondisi ini juga terjadi pada kantor bank. Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Okki Rushartomo menyampaikan keprihatinannya terhadap masyarakat Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Okki menjelaskan bahwa BNI di Kabupaten Cianjur terdiri dari 5 outlet dan 56 anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kondisi pasca gempa (21/11/2022), 24 ATM tidak dapat beroperasi karena terkendala pemadaman listrik, dan 2 outlet yakni KCP Cipanas dan KK HOS Tjokroaminoto terdapat beberapa kerusakan ringan dan pemadaman listrik sehingga operasional saat ini terganggu," kata dia saat dihubungi, Selasa (22/11/2022).

Dia mengungkapkan, BNI melakukan pengalihan operasional KK HOS Tjokroaminoto dan KCP Cipanas tersebut ke KC Cianjur yang berjarak tidak terlalu jauh dan tentunya akan kami upayakan untuk beroperasi kembali sesegera mungkin.

"Adapun, nasabah tetap dapat melakukan berbagai transaksi melalui channel-channel digital BNI khususnya melalui BNI Mobile Banking. Nasabah juga dapat menghubungi layanan BNI Call 1500046 untuk kebutuhan informasi lebih lanjut," ujarnya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan kantor cabang utama BCA terdampak. "Kami sedang cek kelayakan fondasi dan struktur bangunan," ujar dia.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan idak terdapat kerusakan yang signifikan di kantor cabang Bank Mandiri di wilayah operasional perseroan khususnya Jawa Barat. Untuk itu, Rudi memastikan seluruh layanan perbankan Bank Mandiri termasuk layanan digital tetap berjalan normal.

"Dampak gempa terhadap jaringan Bank Mandiri di wilayah Cianjur, Jawa Barat minor. Seluruh operasional tetap berjalan normal dan siap untuk memberikan layanan perbankan kepada nasabah dan masyarakat dengan optimal," imbuh Rudi.

Adapun, dalam memudahkan kebutuhan transaksi keuangan masyarakat. Bank Mandiri juga telah memastikan layanan digital seperti Livin' by Mandiri, SMS Banking, dan e-channel seperti ATM dan CRM beroperasi secara optimal.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT