Bunga KPR Diprediksi Bakal Terus Naik Sampai Tahun Depan

ADVERTISEMENT

Bunga KPR Diprediksi Bakal Terus Naik Sampai Tahun Depan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 29 Nov 2022 13:56 WIB
KPR Tapera
Foto: KPR Tapera (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) diramal akan terus mengalami peningkatan. Ujungnya akan mempengaruhi pada suku bunga perbankan baik bunga simpanan maupun bunga kredit. Tak terkecuali suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR).

Direktur CELIOS Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkapkan memang suku bunga diramal akan mengalami kenaikan.

"Tren bunga BI masih akan naik tiga kali tahun depan. Hal ini membuat bunga akan semakin mahal. Efeknya tentu ke bunga KPR floating rate yang bisa naik 2-3% tahun depan," kata dia saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Bhima menyebutkan suku bunga yang tinggi ini merupakan salah satu antisipasi yang ditempuh bank untuk menekan risiko dari sisi debitur.

Direktur Utama PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan mengungkapkan dengan naiknya bunga acuan selama tiga bulan berturut-turut ini akan lebih cepat mengerek bunga simpanan dan bunga kredit.

"Betul, mau tidak mau bunga simpanan dan kredit akan naik," kata dia.

Lani mengungkapkan perbankan memahami keputusan bank sentral dalam penentuan suku bunga. Memang banyak faktor yang mempengaruhi apakah dibutuhkan kenaikan lebih lanjut yang dikaji oleh BI untuk kepentingan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan bank akan menyesuaikan suku bunga dana deposito.

"Bunga kredit yang berdasarkan Jibor (Jakarta Interbank Offered Rate) sudah naik. Yang lain nanti kita evaluasi," kata dia.

Jahja menyebutkan kenaikan bunga acuan atau BI 7 days reverse repo rate sudah sesuai. Hal ini demi menekan dampak naiknya bunga Fed yang menyebabkan tekanan pada rupiah atas dolar AS.

"Sehingga rupiah juga harus disesuaikan, agar kurs bisa dikendalikan," jelas dia.

Simak video 'Segera Ajukan KPR, Sebelum..':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT