BNI & Bank NTB Syariah Kerja Sama Perkuat Layanan Perbankan di Daerah

ADVERTISEMENT

BNI & Bank NTB Syariah Kerja Sama Perkuat Layanan Perbankan di Daerah

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 22:12 WIB
Kerja Sama BNI dan Bank NTB
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) menggandeng PT Bank Nusa Tenggara Barat (Bank NTB Syariah) dalam rangka mendorong pengembangan dan penguatan layanan perbankan di daerah. Kerja sama tersebut ditandai dengan seremonial penandatanganan nota kesepahaman antara Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Utama Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo di Jakarta.

Adapun kerja sama antar keduanya mencakup pemanfaatan bersama produk, layanan, channel, dan kapabilitas. Di samping itu, ada pula penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKPD), Penerbitan Kartu Co-Branding TapCash Bank NTB Syariah, dan Sharing Biller.

Adi Sulistyowati (Susi) berharap kolaborasi BNI dan Bank NTB Syariah dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, efisiensi, dan percepatan dalam kegiatan belanja daerah.

"Ini adalah kerja sama pertama kami dengan Bank Syariah. Kami harap langkah strategis ini utamanya dapat memberi manfaat kepada masyarakat dan nasabah sekaligus peningkatan kinerja dari Bank NTB Syariah," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Susi menyatakan pihaknya siap memfasilitasi KKPD ini di seluruh Indonesia, terutama di Provinsi NTB baik melalui QRIS sebagai tahap awal, serta kartu kredit fisik pada fase selanjutnya. Selain itu, BNI juga memberikan fasilitas kenaikan limit kartu (same day service), 24 jam BNI Call Center, exclusive dedicated travel agent, fitur Grab for Business, dan lainnya.

Terkait monitoring penggunaan KKPD, kata dia, BNI juga akan mengembangkan fitur rekonsiliasi tagihan dan pembayaran, notifikasi sms/email untuk setiap transaksi, dan e-billing. Fitur ini dinilainya dapat mempermudah setiap satuan kerja (Satker) dalam mengontrol anggaran perjalanan dinas dan operasionalnya.

"Diharapkan ke depannya dengan adanya sistem rekonsiliasi dan monitoring tersebut juga dapat mempermudah dan mempercepat proses LPJ Satker dan pembayaran kepada bank," ujarnya.

Sementara itu, untuk kerja sama Co-Branding TapCash, BNI siap mendukung kemudahan pembayaran di ekosistem transportasi, jalan tol, perdagangan ritel, pariwisata dan ekosistem lain yang ada di Provinsi NTB. Serta memberi kemudahan layanan top-up dan update balance kartu Co-Branding TapCash melalui channel Bank NTB Syariah guna memberikan customer experience yang lebih cepat, mudah, aman, dan nyaman.

Selanjutnya, untuk kerja sama sharing biller, BNI memiliki lebih dari 400 layanan yang bisa dikerjasamakan dengan Bank NTB Syariah. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, PDAM, PBB, asuransi, Top Up Uang elektronik, dan lain-lain untuk membantu nasabah Bank NTB Syariah dalam memenuhi kebutuhan finansial. Adapun pada tahap awal, biller yang akan dikerjasamakan adalah Top Up dan Update Balance Kartu TapCash.

"Semoga ke depannya lebih banyak lagi biller yang bisa dikerjasamakan sehingga cakupan kapabilitas pembayaran yang dapat dilakukan di Bank NTB Syariah juga semakin luas," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo mengungkapkan kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan dan mengoptimalisasi layanan perbankan, khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan begitu dapat mempermudah akses masyarakat setempat terhadap layanan perbankan.

"Kerja sama ini untuk kemaslahatan baik bagi BNI atau pun bank syariah. Ini adalah sinergi dan kolaborasi, kami bersyukur pada hari ini dapat bersinergi dengan BNI, mudah-mudahan BNI menjadi lebih unggul, menjadi bank yang amanah dan terpercaya," ujar Kukuh.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT