Tarik Tunai Tanpa Kartu Kini Bisa Beda Bank!

ADVERTISEMENT

Tarik Tunai Tanpa Kartu Kini Bisa Beda Bank!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 10 Des 2022 09:13 WIB
Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta, Senin (19/7). Dalam rangka mendukung Pemerintah menekan laju penularan Covid-dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus diterapkan, Bank BTN mengoptimalkan layanan digital banking, seperti mobile banking, internet banking serta ATM. Bank BTN juga menambah  fitur Cardless Withdrawal, dimana nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM, serta QRIS, fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi dengan  memindai QR Code melalui aplikasi mobile banking BTN. Jumlah transaksi mobile banking Bank BTN tercatat melonjak hingga 52% yoy menjadi 65,62 juta transaksi pada bulan Juni 2021 atau naik dari 43,14 juta transaksi pada Juni 2020.
Ilustrasi tarik tunai tanpa kartu/Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

Tarik tunai tanpa kartu biasanya dilakukan dengan bank yang sama. Tapi kini bisa dilakukan antar bank. PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA) bekerja sama dengan 5 bank untuk menghadirkan layanan cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu secara off us (antar bank).

Bank yang bekerja sama ini antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) sebagai acquirer, PT Bank CIMB Tbk (CIMB Niaga) sebagai acquirer, PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (Multiarta Sentosa) sebagai issuer, PT Bank DKI (Bank DKI) sebagai issuer, serta PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) sebagai issuer.

Melalui komitmen tersebut, maka nasabah bank DKI, nasabah bank Danamon dan nasabah bank Multiarta Sentosa nantinya dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA di seluruh Indonesia.

Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati menjelaskan layanan tarik tunai tanpa kartu tersebut, menjadi salah satu wujud transformasi digital yang dihadirkan Bank BNI untuk merespon perubahan perilaku masyarakat yang kini lebih menyukai transaksi secara cepat, mudah, aman dan serba digital.

"Karena di pasca pademi ini, ternyata mempercepat proses digitalisasi dan ini juga telah merubah customer kita yang mungkin sudah tidak lagi bertransaksi di outlet kami. Ini merubah gaya hidup customer dan BNI harus mengikuti," katanya. Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menambahkan, BNI siap berkolaborasi dengan mitra-mitra Jaringan PRIMA lainnya, dalam upaya mempercepat layanan kepada nasabah.

Direktur Utama PT Bank DKI, Fidri Arnaldy menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin antara Bank DKI dan Jaringan PRIMA dalam pemanfaatan layanan tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo PRIMA.

"Kerja sama layanan cardless cash withdrawal melalui jaringan PRIMA, yang diakses melalui fitur mobile cash pada aplikasi JakOne Mobile Bank DKI ini merupakan perwujudan transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI. Ini adalah langkah konkrit dan adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital," jelas Fidri,

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT