Aksi Tukang Becak Tipu Teller-Kuras Rp 345 Juta: Tahu PIN, Bawa Buku Tabungan & KTP

ADVERTISEMENT

Aksi Tukang Becak Tipu Teller-Kuras Rp 345 Juta: Tahu PIN, Bawa Buku Tabungan & KTP

Denza Perdana Kurniaputra, Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 21 Jan 2023 06:00 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Surabaya -

Bikin geger! seorang tukang becak berhasil mengelabui teller bank dan menguras uang Rp 345 juta dari rekening orang lain. Kok bisa?

Mengutip detikJatim, pria itu adalah Setu, tukang becak di Surabaya yang telah menguras seluruh uang dari rekening pria bernama Muin Zachry. Setu bahkan sebelumnya tidak pernah bertemu atau berkenalan dengan korbannya itu.

Dengan memakai masker dan peci, Setu yang berperawakan sangat mirip dengan Muin serta membawa buku tabungan, KTP asli, dan hapal nomor PIN. Hal itu diungkapkan oleh teller bank swasta bernama Maharani Istono Putri yang dikelabui Setu.

"Pak Setu bawa buku tabungan, tahu nomor PIN, dan KTP asli juga," kata Putri, Selasa (17/1/2023).

Setu juga sampai berlatih menirukan tanda tangan Muin hingga membuat Putri terkecoh. Apalagi situasi saat itu sangat mendukung. Setu sengaja memanfaatkan waktu Salat Jumat saat melakukan aksi. Saat itu bank memang dalam keadaan sepi.

Karena telah yakin bahwa Setu adalah Muin Putri pun mengakui dirinya segera memproses penarikan tunai tabungan Muin sesuai dengan prosedur yang berlaku di bank tempat ia bekerja.

"Spesimen tanda tangan, hasilnya sama (dengan tanda tangan korban)," tuturnya.

Perkara ini sedang bergulir di persidangan dengan Setu dan seorang lagi bernama Thoha sebagai terdakwa. Thoha adalah orang yang kos di tempat Muin. Namun, Thoha mengaku kepada Setu sebagai anak Muin. Dia meminta bantuan Setu mengambil uang di bank karena Muin sedang sakit

Thoha pun diduga otak pembobolan rekening bank milik Muin. Ia sengaja memanfaatkan Setu karena berperawakan mirip Muin. Pembobolan rekening senilai Rp 345 juta terjadi pada Jumat 5 Agustus 2022.

Setu yang berperawakan mirip Muin berhasil mengecoh teller bank di kantor cabang Jalan Indrapura Surabaya, dan memproses penarikan uang, dan menyerahkannya kepada Setu.

Berita selengkapnya langsung klik di sini

Dana yang Dibobol tukang becak milik nasabah BCA. Langsung klik halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT