Sambut Tahun Kelinci Air, Bank Sarankan Siapkan Dana Cadangan

ADVERTISEMENT

Sambut Tahun Kelinci Air, Bank Sarankan Siapkan Dana Cadangan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 22 Jan 2023 10:44 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Tahun baru China atau Imlek jatuh pada hari ini. Tahun baru Imlek ini bakal menjadi libur yang panjang karena ada cuti bersama yang jatuh pada hari Senin.

Hal tersebut tentunya bakal dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Apalagi, pemerintah telah mencabut PPKM di akhir 2022 lalu.

Untuk menyambut liburan tahun baru Imlek tahun kelinci air ini diperlukan persiapan dari sisi finansial.

"Kami merasa Hari Raya Imlek 2023 menjadi salah satu momen spesial kita semua yang merayakannya untuk kembali menjalin dan mempererat hubungan kekeluargaan yang harmonis," kata Department Head Retail OK Bank, Hardiansyah Ramadhan dalam keterangannya, Minggu (22/1/2023).

Dia mengatakan, banyak kebutuhan saat libur Imlek. Oleh karena itu, ia menyarankan agar memiliki dana cadangan.

Dana cadangan tersebut, katanya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Menjelang Hari Raya Imlek 2023, kami memahami banyak sekali kebutuhan untuk menjalankan tradisi atau liburan, maka itu kami menyarankan untuk mempersiapkan perencanaan dana yang matang. Salah satunya yaitu dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pasca hari raya Imlek agar dana yang Anda miliki tidak berkurang secara signifikan," tambah Hardiansyah.

Dana tersebut, sambungannya, bisa dipakai sebagai cadangan di awal 2023. Secara umum dana cadangan bisa hadir dari berbagai macam sumber, salah satunya yaitu Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA).

OK Bank menyediakan KTA multiguna yang bisa dimanfaatkan secara cepat yaitu proses pencairan 1 hari kerja. OK Bank juga memberikan limit pinjaman sampai 200 juta dengan tenor pinjaman panjang mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun.

Pinjaman yang disediakan oleh OK Bank tidak memerlukan jaminan. OK Bank juga menjamin keamanan dalam penggunaan Pinjaman KTA yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).



Simak Video "Astronaut China Rayakan Tahun Baru Imlek di Stasiun Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT