Ternyata Korban Sendiri yang Beri Tahu Punya Rp 345 Juta ke Pembobol Rekening BCA

ADVERTISEMENT

Ternyata Korban Sendiri yang Beri Tahu Punya Rp 345 Juta ke Pembobol Rekening BCA

Praditya Fauzi Rahman - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 11:09 WIB
Sidang perkara pembobolan rekening BCA oleh tukang becak
Pelaku Pembobolan Rekening BCA Menjalani Sidang/Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim
Surabaya -

Fakta menarik terungkap dalam sidang kasus pembobolan rekening BCA oleh Tukang Becak di Surabaya. Korban disebut yang memberi tahu sendiri ke pelaku pembobolan bahwa memiliki uang Rp 345 juta di rekeningnya.

Dilansir dari detikJatim, dalam sidang pemeriksaan terdakwa, Mohammad Thoha, otak pembobolan rekening milik Muin Zachry mengaku sempat diajak bisnis oleh korban. Pelaku kemudian tergiur dengan banyaknya uang korban.

"Waktu saksi (Muin) bincang-bincang sama saya ngaku punya uang dan mengajak bisnis bersama. Saksi sendiri yang bilang ada 345 juta," ujar Thoha menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Estik Dilla dalam sidang di Ruang Sari II PN Surabaya, Selasa (24/1/2023) kemarin.

JPU pun melanjutkan pertanyaannya. Dari mana Thoha mengetahui nomor PIN BCA milik Muin? Pria berkepala plontos itu mengakui bahwa dirinya memang mengintip HP Muin. "Saya mengintip pas Saksi Muin buka M-Banking," ujar Thoha.

Ketua Majelis Hakim Marper Pandiangan yang memimpin persidangan tersebut mengambil alih pertanyaan. Dia menanyakan kapan Thoha memiliki niat untuk mengambil buku tabungan, kartu ATM, dan KTP milik Muin.

"Punya rencana dan ambil uang itu pada hari Jumat. Itu (KTP, buku rekening, dan kartu ATM) saya ambil pas saksi lengah. Tanggal 5 (Agustus 2022), pas Salat Jumat," ujar Thoha.

Pernyataan Thoha tentang dirinya sempat diajak oleh Muin untuk berbisnis itulah yang belum disampaikan dalam berkas perkara persidangan itu. Mengenai pernyataan Thoha itu, detikJatim sudah mencoba mengklarifikasi ke Muin melalui penasihat hukumnya, Dewi. Namun, yang bersangkutan belum merespons hingga berita ini ditulis.

Simak berita selengkapnya di sini.

Lihat juga video '3 Pegawai Pengisi Uang Curi Duit Sejumlah ATM, Nilainya Hampir Rp 2 M':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT