Follow detikFinance
Selasa 25 Apr 2017, 07:52 WIB

Bisnis Rendang Hingga Opor Ayam, Pria Ini Raup Omzet Rp 4 Juta/Hari

Muhammad Idris - detikFinance
Bisnis Rendang Hingga Opor Ayam, Pria Ini Raup Omzet Rp 4 Juta/Hari Foto: Dok. Novan Aditya
Jakarta - Bisnis kuliner tak pernah ada matinya. Selama orang butuh asupan makanan, maka selalu ada ceruk yang bisa diambil untuk mendulang rezeki.

Salah satunya yang dijalankan Novan Aditya. Pria kelahiran Tuban, 26 tahun lalu ini menggarap bisnis kuliner mulai dari rendang daging, rendang jengkol, kari ayam, semur, hingga opor ayam.

Produk kuliner itu dijual dalam kemasan dengan merek Mangano. Menurut Novan, kemasan yang menarik serta kualitas rasa, membuat produknya sudah mejeng di rak beberapa supermarket. Bahkan sudah terbang ke beberapa negara.

"Bukan ekspor langsung, tapi pesanan dari beberapa orang, sekali beli sangat banyak. Dikirim ke Korea, rupanya banyak orang luar yang suka jengkol, pernah kita ikut paneran langsung laris, ada yang dibawa ke Inggris, China, Amerika Serikat, dan Maroko," kata Nova pekan lalu kepada detikFinance, pekan lalu.

Bisnis Rendang Hingga Opor Ayam, Pria Ini Raup Omzet Rp 4 Juta/HariFoto: Dok. Novan Aditya

Berkuliah di Jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Novan cekatan dalam urusan desain kemasan produk. Namun, untuk pengawetan makanan, Novan harus belajar tekniknya.

"Awal harus cermat bagaimana ini tidak terkontaminasi karena masakan ada masa aging (busuk), bagaimana membuat sterilisasi, saya kan belum mengerti tekniknya. Untuk opor saja awalnya saya belajar ke LIPI di Yogyakarta bagaimana mempelajari proses pengawetan seperti sekarang, sampai ke Batan untuk tahu apakah nuklir bisa membantu makanan awet," jelas Novan.

Usai berguru soal pengawetan makanan, Novan menciptakan alat masak modifikasi sendiri untuk menghasilkan menu yang bisa awet selama setahun.

"Alatnya buat sendiri, dibuat konstruksi keluar masuknya uap agar bisa awet ketika dikemas. Modal usaha ini cukup gede, tapi masih di bawah Rp 100 juta," terang Novan.

Bisnis Rendang Hingga Opor Ayam, Pria Ini Raup Omzet Rp 4 Juta/HariFoto: Dok. Novan Aditya

Selesai urusan desain dan pengawetan, Novan membuka dapur pengolahan, memanfaatkan sudut rumah di Cimangu Bogor. Di 2014, Novan mulai memproduksi rendang dan opor. Penjualan online dan jaringan supermarket jadi ujung tombak pemasaran Mangano.

"Packaging tahun 2015 diganti. Setelah itu tahun 2016 sudah bisa membuat PT (perusahaan), urus izin dan segala macam, sekarang ini karyawan sudah 8 orang. Penjualan di 2017 sudah bisa kotor Rp 4 juta per hari," kata Novan.

Dari usaha kecil-kecilan namun ditekuni dengan serius, plus jeli melirik peluang, kuliner rendang hingga opor ayam bisa Jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

"Sehari saja sekarang kita butuh 20-30 kg daging. Tempat lama enggak muat di Bogor, sekarang produksi pindah ke Serpong karena daging yang dimasak lumayan banyak dalam sehari," tutur Novan.

Jika tertarik dengan produk Mangano, silakan menghubungi redaksi detikFinance. (idr/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed