Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Apr 2017 08:15 WIB

Apa Itu Dana Darurat?

Mohamad Taufik Ismail - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sebagian dari Anda pasti ada yang sudah pernah mendengar tentang dana darurat bukan? Semoga Anda sudah mengerti akan pengertian serta manfaat dari dana darurat tersebut. Untuk Anda yang belum pernah mendengar dana darurat, yuk mari kita coba bahas sebentar, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Dana darurat, seperti namanya, maka ini adalah dana yang akan digunakan pada saat keadaan darurat. Mengapa harus ada dana darurat? Karena seringkali kita tidak memiliki dana khusus untuk keadaan darurat. Dana tabungan kita biasanya tersimpan di tabungan yang menjadi rekening gaji, belanja dan investasi sekaligus, tidak kita pisahkan.

Sekarang coba Anda bayangkan terjadi keadaan darurat pada keluarga Anda, misalnya Anda di-PHK! Ya, kemungkinan itu ada lho, untuk Anda yang karyawan. Bahkan BUMN sekalipun. Ingat kejadian Merpati Airlines? Bagaimana Anda mengantisipasinya?

Pakai tabungan? Uangnya adakah? Cukup sampai berapa lama? Cari pekerjaan lain? Oke.. gajinya samakah? Dapat kerjaan barunya cepatkah? Dalam seminggu? Sebulan? Setahun? Hmm.. mencari pekerjaan baru memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Atau ada alternatif lain.. Jual rumahkah? Langsung ada yang beli? Harganya cocokkah? Jual mobil kah? Oke langsung jual BU (butuh uang), cukup untuk berapa lama uangnya? Sebulan? 3 bulan? 6 bulan?

Oke.. pertanyaan-pertanyaan itu biasanya terlontar oleh sebagian dari Anda.. ada yang sama jawabannya, ada juga yang tidak. Dan bahkan ada yang bingung, tidak punya jawaban sama sekali. Masing-masing orang punya pemikirannya sendiri.

Well.. inti dari jawabannya sebenarnya sama, Anda butuh dana pengganti secepat mungkin untuk menggantikan penghasilan Anda bukan? Itulah gunanya dana darurat.. Kondisinya juga tidak hanya untuk PHK, bisa juga terjadi kerusakan mobil yang cukup parah di tengah jalan, sehingga Anda butuh membeli spare part yang cukup mahal di bengkel di kota kecil yang Anda lalui bersama keluarga saat liburan misalnya, butuh uang juga kan?

Bisa juga Anda mengalami musibah orang tua atau saudara Anda meninggal, sedangkan jenazah harus segera diterbangkan ke kota kelahiran untuk dimakamkan, untuk pengiriman jenazah menggunakan cargo pesawat udara membutuhkan dana yang tidak sedikit. Atau keluarga Anda sakit dan harus segera dirawat dan membutuhkan jaminan dana untuk tindakan segera, masalahnya rumah sakitnya bukan provider asuransi Anda, maka Anda juga membutuhkan dana darurat pada saat itu.

Kondisinya bisa macam-macam tergantung pada persepsi kita masing-masing, sedarurat apakah kondisinya. Yang terpenting, apakah kita memiliki dana untuk mengatasi kondisi darurat tersebut? Apakah kita sudah menyiapkan dana jika terjadi kondisi darurat tersebut? Jika sudah, alhamdulillah.. pertanyaan berikutnya, di mana dana darurat tersebut Anda simpan?

Dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang memiliki 3 kriteria berikut, aman, mudah dan cepat diakses/diperoleh, serta likuid. Misalnya tabungan dengan fasilitas ATM. Jika Anda membutuhkan dana darurat, Anda bisa segera pergi ke ATM terdekat. Bisa juga di perhiasan emas atau logam mulia yang disimpan di rumah, Anda tinggal bawa ke toko emas untuk dijual, namun likuiditasnya lebih rendah dari uang di tabungan karena Anda harus ke toko dulu, nah, siapa tahu Anda butuh uang jam 12 malam? Apakah ada toko emas yang buka?

Nah, berapa besarnya dana darurat yang harus disiapkan? Pilihannya antara angka 3, 6 atau 12. Maksudnya adalah 3 atau 6 atau 12 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda adalah seorang single, maka sediakan dana darurat 3 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda telah berkeluarga dengan satu anak, minimal 6 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda berkeluarga dengan dua anak atau lebih, maka sebaiknya sediakan dana darurat 12 kali pengeluaran bulanan.

Bingung? Anda bisa belajar tentang Dana Darurat di kelas regular merencanakan keuangan dan gaji bulanan akhir April tanggal 29, info di sini http://bit.ly/PMM2904, Ingin tahu tentang asuransi detil bisa ikut tanggal 22 April, info di sini http://bit.ly/LIC2204, untuk ilmu waris bisa ikut workshop tanggal 23 April info di sini http://bit.ly/EPC2304, dan cara kaya dengan reksa dana tanggal 30 April infonya bisa dibuka di sini http://bit.ly/WRD3004.

Selamat menyiapkan dana darurat! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com