Follow detikFinance
Selasa 04 Jul 2017, 07:09 WIB

Ini Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Tung Desem Waringin - detikFinance
Ini Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Investasi merupakan hal yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Oleh karena itu bila sebuah investasi tidak anda jadikan sebagai sebuah pekerjaan, maka alternatif pilihan yang bisa anda gunakan adalah dengan memiliki investasi jangka panjang.

Apabila berminat untuk berinvestasi, maka perlu kita ketahui ada beberapa pilihan investasi jangka panjang, di antaranya adalah:

1. Investasi Emas

Emas merupakan salah satu bentuk barang investasi yang cukup menarik di kalangan masyarakat, karena sifatnya yang mudah dibentuk dan harganya yang cukup tinggi.

Investasi emas merupakan salah satu pilihan yang cukup menguntungkan di samping harganya yang cukup stabil emas dapat dengan mudah diuangkan kapan pun anda mau.

Pada umumnya, harga emas akan naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, diperlukan momen yang pas ketika kita harus membeli atau menjual emas untuk mendapatkan keuntungan tinggi melalui salah satu pilihan investasi jangka panjang ini.

2. Investasi Saham
Saham adalah surat berharga yang memiliki potensi keuntungan dan kerugian yang cukup besar. Saham juga bisa digunakan sebagai bukti bahwa seseorang atau pun suatu lembaga ikut memiliki sebuah perusahan. Suatu perusahaan juga bisa saja mendapatkan dana dari investor apabila ia menerbitkan saham.

3. Reksa Dana (Mutual Funds)
Investasi jangka panjang berikutnya adalah reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan suatu wadah yang mengelola dana-dana yang dikumpulkan oleh beberapa orang atau disebut sebagai investor, dengan tujuan menginvestasikan hartanya dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Investasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan yang cukup terhadap jenis investasi ini.

4. Investasi Obligasi
Investasi jangka panjang yang lainnya adalah obligasi. Obligasi merupakan surat bukti adanya pinjaman kepada pihak yang telah menerbitkan obligasi tersebut. Obligasi ini harus dilunasi atau dibayar pada saat jatuh tempo yang telah ditentukan dan disepakati bersama kedua belah pihak.

Obligasi ini juga merupakan investasi yang memiliki keuntungan. Apabila obligasi tersebut diterima langsung oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan usaha dengan karakteristik sebagai dividen, maka bagian keuntungan yang diperoleh tidak terkena pajak.

5. Investasi Program Pensiun
Seorang investor akan mendapatkan dana ketika sudah tiba masa pensiun. Dana tersebut berasal dari hasil pengembangan perusahaan sebelumnya. Investasi ini juga menghasilkan bunga sama halnya dengan menabung di bank, namun bunga di bank jauh lebih kecil dari bunga yang diberikan dari investasi ini.

Bunga dan keuntungan yang diberikan dari investasi program pensiun ini bergantung pada besar kecilnya keuuntungan yang diperoleh dari suatu perusahaan asuransi.

Berikut adalah macam–macam investasi jangka panjang yang menguntungkan. Namun sebelum berinvestasi pastikan berinvestasi kepada orang yang tepat agar terhindar dari penipuan. Semoga bermanfaat..

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed