Follow detikFinance
Jumat 25 Nov 2016, 06:48 WIB

4 Cara Memulai Menabung

Tung Desem Waringin - detikFinance
4 Cara Memulai Menabung Foto: Istimewa
Jakarta - Sebagian orang masih saja merasa malas untuk menabung. Ada saja alasan untuk tidak menabung. Padahal menabung itu penting untuk masa depan Anda.

Sebuah studi pengamatan terbaru mengungkapkan, satu dari 10 orang tidak bisa mengendalikan kebiasaan belanja mereka, dan kemungkinan besar akan beralih menjadi kebiasaan berutang dengan kartu kredit.

Dua dari 10 orang tersebut mengatakan bahwa kita tidak bisa menyelamatkan diri jika kita tidak mau berhemat dan mengubah gaya hidup kita

Jika Anda bertekad untuk mulai menabung, inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi penabung cerdas:

1. Apa arti tabungan bagi Anda?
Menyimpan uang sebenarnya merupakan sebuah investasi pada diri sendiri dengan membayar diri Anda secara teratur. Memiliki simpanan uang tunai di tangan dapat membantu menggapai impian Anda, dan membuatnya menjadi kenyataan atau setidaknya sesuatu yang akan dicapai. Semakin cepat Anda berinvestasi dalam sesuatu, semakin cepat Anda akan menuai hasilnya.

2. Mulailah dari yang kecil
Mulailah menyisihkan sedikit uang Anda, setiap hari atau setiap bulan, dapat menjadi hal paling penting untuk mulai menabung. Hindari kebiasaan boros membelanjakan semua uang Anda untuk memuaskan keinginan.

3. Menyisihkan uang sebelum membelanjakan
Sebagian besar orang tidak sadar kemana uangnya mengalir, tampaknya itu disebabkan oleh gaya hidup Anda. Idealnya jika Anda ingin mengeluarkan uang untuk berbelanja, buat tabungan yang memiliki periode penarikan tunai sesuai kebutuhan. Atau biarkan tabungan Anda tanpa dilengkapi kartu debit. Dengan cara itu, Anda dapat mengatur keluar-masuk keuangan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Menyingkirkan utang
Tidak semua utang buruk. Mendapatkan pinjaman memungkinkan Anda bisa mengakses kebutuhan yang lebih besar, seperti membeli rumah, yang bagi kebanyakan dari kita mungkin tidak akan terbeli secara tunai. Tetapi Anda harus menyisihkan uang ekstra setiap bulan untuk mencicil tagihannya. Pastikan Anda tidak menanggung utang lain yang tidak perlu.

Mari mulailah menabung, dan jamin kesejahteraan masa depan Anda mulai dari sekarang. Semoga Bermanfaat.

Hasil Intisari Pemikiran Dan Praktik Saya Selama 20 Tahun. Dari Biasa Saja Menjadi Hingga DAHSYAT.

Ikuti Pelatihan 12 Ilmu Penting Dalam Kehidupan 'University Of Life' senilai Rp 997.000. Program Khusus Dan Gratis Hanya Untuk Pembaca detikFinance Hari Ini, Terbatas Untuk 100 Orang Pedaftar Pertama. Klik di Sini Untuk Daftar Sekarang! (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed