Follow detikFinance
Kamis 16 Feb 2017, 06:53 WIB

Hindari Kebiasaan Ini Dalam Mengelola Keuangan

Stanley Christian - detikFinance
Hindari Kebiasaan Ini Dalam Mengelola Keuangan Foto: Istimewa
Jakarta - Masih banyak masyarakat yang menyepelekan hal-hal sederhana dalam mengelola keuangan. Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari minimnya literasi keuangan, hingga perilaku yang cuek dan malas soal uang. Hal-hal sederhana yang rutin dilakukan tentu akan menjadi kebiasaan. Sangat bagus bila kebiasaan yang terbentuk adalah hal yang positif. Namun tak jarang juga kebiasaan terbentuk malah merugikan kita dalam hal mengelola keuangan. Mungkin tidak anda sadari, tapi coba simak beberapa kebiasaan berikut yang dapat anda hindari.

Hilangnya uang kembalian
Sadar atau tidak, anda pernah mengalami hal berikut. Anda memiliki uang di dompet dengan pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000, lalu membelanjakan uang tersebut dan menerima uang kembalian. Selanjutnya apa yang terjadi? Tanpa anda sadari uang tersebut 'hilang' entah kemana karena anda belanjakan untuk lainnya. Yap inilah yang sering terjadi pada kita semua. Tentu kalau dikumpulkan uang kembalian tadi akan berjumlah banyak. Mulailah perhatikan hal-hal kecil ini

Pemakaian Listrik dan Air
Sadar atau tidak, inilah kebiasaan paling sering terjadi saat ini, yaitu tidak mencabut/mematikan charger handphone atau laptop, walaupun tidak sedang digunakan. Lalu anda juga sering tidak mematikan lampu bila meninggalkan kamar atau ruang tertentu. Yang tidak kalah sering adalah, tidak mematikan Televisi, malah dibiarkan menyala sepanjang hari hingga anda tertidur. Anda juga kerap kali lupa mematikan keran air. Well, ini adalah hal sederhana dan tentu anda sudah sangat sering mendengar hal ini, baik sebagai menjaga lingkungan ataupun sebagai salah satu cara menghemat anggaran. Namun bila anda tidak segera menyadarinya dan merubah kebiasaan ini, tentu akan menjadi pengeluaran yang sia-sia.

Cek Tagihan Bulanan (kartu kredit, telepon pasca bayar, dll)
Bagi anda pengguna aktif kartu kredit, telepon pascabayar, atau tagihan lainnya yang bersifat bulanan, apakah anda rutin untuk cek pengeluaran anda? Banyak sekali yang malas untuk cek kembali tagihan anda, dan hanya berfokus pada total tagihan di akhir saja. Terlihat sederhana, namun anda tidak mengetahui dengan detail tagihan anda, bila melewatkan bagian ini. Mulailah rutin untuk cek tagihan bulanan, dan pastikan transaksi atau penggunaannya sesuai yang anda lakukan.

Bandingkan Harga
Saat ini hampir setiap orang memiliki gadget dan terhubung dengan internet. Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk cek harga atau membandingkan harga. Tidak ada salahnya sebelum anda membeli produk tertentu, anda cek harga dan membandingkannya terlebih dahulu. Selain cek harga dan membandingkan harga, mungkin saja anda malah mendapat informasi menarik mengenai diskon atau promo khusus. Jangan jadikan sibuk dan tidak ada waktu sebagai alasan untuk mencari perbandingan harga. Karena ini akan berguna untuk anggaran keuangan anda. Misalkan anda ingin berlibur, tentu anda akan membandingkan harga maskapai, hotel, hingga tempat makan. So, jangan malas cek harga atau membandingkan harga.

Cek Promo dan Gratisan
Selain cek harga dan membandingkan harga, anda juga kerap kali melewatkan promo atau diskon. Seberapa sering anda lupa menggunakan promo atau diskon tertentu. Misal, anda memiliki poin dari kartu kredit anda yang dapat ditukarkan dengan diskon tertentu, namun memiliki batas waktu penukaran dan anda melupakan itu sehingga kesempatan mendapatkan diskon menjadi terlewat dan anda harus mengumpulkan poin dari awal lagi. Sungguh disayangkan. Dan tentu hal-hal seperti ini, pernah anda alami dan anda menyesal karena melewati hal tersebut. Bisa anda mulai lagi dari awal, dan buat reminder di handphone anda, sehingga tidak terlewatkan lagi.

Inilah beberapa kebiasaan sederhana yang mungkin sering anda lakukan dan memiliki dampak terhadap pengeluaran anda. Semoga dengan tulisan ini, anda dapat sedikit mulai merubah kebiasaan tadi di atas.

Happy Planning (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed