Follow detikFinance
Senin 27 Feb 2017, 08:27 WIB

Bingung Siapkan Uang Untuk Pendidikan Anak

Eko Endarto - detikFinance
Bingung Siapkan Uang Untuk Pendidikan Anak Foto: Dok. Finansia Consulting
Jakarta - Pertanyaan: Mohon sarannya bagaimana cara mengatur keuangan untuk pendidikan anak apa sejenis asuransi atau bagaimana. Mohon pencerahanya

Terima kasih

Kadek Purnawan

Jawaban:
Halo Purnawan,

Masalah biaya pendidikan memang penting, mengingat biaya pendidikan bersifat wajib dan tidak bisa kita tunda, belum lagi dananya bisasanya cukup besar karena selalu naik tiap tahunnya.

Biaya pendidikan anak sebaiknya disiapkan dengan investasi. Nah investasi berbeda dengan asuransi walaupun asuransi ada yang memiliki investasi.

Jadi bila ditanya apakah asuransi sudah benar, bergantung dari jenis asuransinya. bila ada investasinya maka sudah benar. Sebaiknya Punarwan bertanya kepada pihak asuransi atau agennya.

Nah masalah biaya pendidikan bukan sekedar benar, tapi apakah tepat? Tepat di sini artinya dana yang akan diperoleh kelak, mencukupi dana pendidikan yang Purnawan cita-citakan. Ini bisa Anda dapatkan dengan cara menghitung kebutuhan biaya pendidikan yang Anda harapkan.

Misalnya untuk biaya pendidikan 10 tahun ke depan, Anda membutuhkan dana sekitar Rp 50 juta. maka dari tujuan Rp 50 juta tadi kita mencari produk investasi yang sesuai dan besaran penyisihannya tiap bulan.

Jadi kalau Anda saat ini belum memulai, saran saya adalah dengan menentukan dulu berapa besar target yang akan Anda kejar, kemudian diskusikan ke pemilik produk dan bandingkan. Misalnya dengan tabungan pendidikan berapa dana penyisihan tiap bulan, dengan asuransi berinvestasi berapa preminya tiap bulan dan dengan reksa dana berapa Anda harus rutin investasi tiap bulan. Dengan membandingkan Anda akan mendapatkan produk yang paling memberikan manfaat kepada Anda dan sesuai dengan tujuan biaya pendidikan Anda.

Salam (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed