Follow detikFinance
Senin 06 Mar 2017, 08:38 WIB

Rahasia Hemat Seorang Warren Buffett

Tung Desem Waringin - detikFinance
Rahasia Hemat Seorang Warren Buffett Foto: Istimewa
Jakarta - Apakah Anda ingin menjadi orang kaya? Tentu hampir semua orang ingin menjadi kaya. Namun saat ditanya, apakah Anda menabung? Tidak semua orang menabung dan berhemat. Lantas kalau tidak menabung dan berhemat bagaimana Anda bisa menjadi kaya?

Menurut miliuner Warren Buffett, berhemat justru dapat memberikan Anda keuntungan yang besar. Berikut 7 tips berhemat dari Warren Buffett:

1. Investasi diri
Buffett menilai bahwa sangat penting untuk berinvestasi dalam diri. Meningkatkan bakat, keterampilan, dan pengetahuan membuat Anda lebih berharga dan menempatkan dalam posisi yang lebih baik untuk mendapatkan nilai tambah dalam diri.

2. Lakukan apa yang Anda cintai
Tips berikutnya yaitu lakukan sesuatu yang Anda cintai, sehingga dalam bekerja Anda mendapatkan kepuasan tersendiri. Apabila tidak mudah keluar dari pekerjaan Anda saat ini, mengapa tidak melakukan hobi/sesuatu yang disukai? Mungkin bisa menghasilkan sedikit uang dari hobi itu? Melakukan hal yang Anda sukai, dapat memberikan sesuatu yang lebih berharga daripada uang.

3. Hati-hati dengan investasi Anda
Warren Buffett mengatakan, aturan pertama investasi adalah agar tidak kehilangan uang. Miliuner ini memberlakukan aturan untuk melakukan investasi pada urutan pertama, dan aturan kedua adalah tidak melupakan aturan nomor satu. Dia menyarankan, jangan berutang kecuali jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda mendapat keuntungan di kemudian hari.

4. Batasi jumlah pinjaman
Warren Buffett menyarankan kepada orang-orang untuk meminjam uang sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar utang tersebut, dan tidak menghindar dari negosiasi dengan lembaga kartu kredit. Bekerjalah untuk membayar utang Anda, kemudian lanjutkan dengan menyimpan uang untuk investasi.

5. Jangan bergantung pada satu sumber penghasilan
Cara menjadi kaya yakni memiliki lebih dari satu sumber penghasilan, dengan mendapatkan pekerjaan sampingan di akhir pekan atau mempunyai passive income bisa dengan membuat investasi cerdas yang dapat menghasilkan keuntungan yang baik. Buffett selalu berbicara tentang bagaimana dia melakukan diversifikasi portofolio investasi demi meningkatkan peluangnya untuk menang.

6. Jangan buang waktu
Bagi seorang Warren Buffett, waktu berharga sama seperti uang. Ketika melakukan negosiasi bisnis, Buffett menyarankan meneliti dan membuat keputusan sesegera mungkin. Dia mengatakan, tidak perlu melakukan pembicaraan yang tak berguna. Jika Anda membuat tawaran bisnis akan lebih mudah berbicara langsung mengenai harga. Buffett mengatakan, dia tidak akan berbicara dengan siapa pun kecuali mereka memberinya harga. Dia juga membuat keputusan yang tepat di tempat.

Mulai sekarang biasakan menabung dan berhemat serta mencari lebih dari satu sumber penghasilan agar Anda menjadi kaya. Semoga bermanfaaat..

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed