Follow detikFinance
Selasa 07 Mar 2017, 07:47 WIB

Kenapa Pinjam KPR Lebih Lama Lebih Bagus?

Aidil Akbar - detikFinance
Kenapa Pinjam KPR Lebih Lama Lebih Bagus? Foto: Istimewa
Jakarta - Dalam banyak acara seminar, talkshow, di TV mau pun di kelas-kelas Perencana Keuangan yang saya asuh baik di kampus mau pun kelas umum, banyak pertanyaan seputar pinjaman rumah alias Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah, berapa lama sebaiknya saya mengambil pinjaman untuk KPR? Apakah sebaiknya secepat mungkin karena biaya bunganya menjadi lebih kecil?

Pertanyaan ini sebenarnya wajar. Karena orang Indonesia tidak terbiasa utang, dan banyak dari mereka yang berutang cenderung ingin buru-buru melunasi, karena takut bayar bunga terlalu banyak alias rugi bayar bunga. Dalam artikel dan bahasan ini kita, kita hanya melihat sisi KPR apa adanya, tidak mempertimbangkan dan membahas dari sisi syariah atau bunga yang riba. Dalam artikel ini kita akan membahas mengapa kencenderungan meminjam KPR untuk beli rumah justru lebih bagus, apalagi bila dalam jangka waktu yang lama.

Alasan 1: Pinjaman Rumah Anda Tidak Mempengaruhi Nilai Rumah Anda
Banyak orang berpikir, ketika mereka membeli rumah bahwa nilai dari rumah anda akan naik seiring dengan waktu (benar kan)? Mengaku saja tidak apa-apa kok). Faktanya, bila anda berpikir bahwa nilai rumah anda tidak akan naik, pertanyaannya ngapain anda bela-belain bayar cicilan setiap bulan kalau anda cukup bisa membayar sewa kontrakan saja. Bila dilihat secara properti di Indonesia memang dalam jangka panjang hampir sering naik. Beberapa kali pernah terjadi flat alias datar, tapi belum banyak didengar nilai properti yang jatuh. Jadi, anda punya atau tidak punya cicilan (KPR) pun harga properti akan naik, datar atau pun jatuh (bila sampai kejadian), alias tidak ngaruh. So, silakan mengambil KPR Karena kejadian apapun tidak mempengaruhi KPR anda dan fakta bahwa anda sudah memiliki rumah tinggal.

Alasan 2: Pinjaman Rumah Tidak Menghentikan Anda Melipatgandakan Nilai Rumah Anda
Dalam ilmu Perencana Keuangan ada istilah Net-Worth alias Nilai Kekayaan Bersih. Di mana angka di sini diambil dari Kekayaan (aset anda dikurangi utang). Banyak orang yang ingin agar kekayaan mereka bisa naik dan berlipat ganda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memiliki rumah (properti) bahkan memiliki rumahnya dengan cara menyicil. Dengan menyicil ketika membeli rumah, anda tidak hanya menyicil dari suatu aset, tapi nilai aset tersebut perlahan tapi pasti naik. Bayangkan, anda masih menyicil untuk suatu aset yang nilainya setiap tahun berpotensi naik. Tidak percaya? Yuk kita simulasi.

Anda mengambil cicilan rumah seharga Rp 500 juta (di Jakarta agak sulit cari rumah seharga segini). Uang muka anda sebesar Rp 150 juta, sehingga utang KPR anda sebesar Rp 350 juta dengan cicilan sebesar Rp 3,38 juta per bulan (dengan bunga 10%/tahun dan cicilan selama 20 tahun).

Ketika anda sibuk membayar cicilan sebesar Rp 3,38 juta per bulan tersebut, tanpa disadari nilai rumah anda (dari yang Rp 500 juta) sudah naik minimal sebesar 12-15% per tahun (di banyak daerah di Jakarta kenaikan bisa di atas 20%-30% per tahun). Dengan kata lain, dalam hitungan 5-7 tahun, nilai rumah anda sudah bisa mencapai Rp 1 miliar, sementara anda tetap membayar cicilan atas utang yang 'hanya' Rp 350 juta tersebut. Sementara bila anda melunasi cicilan anda selama 20 tahun, maka total uang yang dibayarkan adalah Rp 810 juta (sudah termasuk bunga pinjaman dari yang Rp 350 juta tadi). Sementara dalam hitungan 20 tahun, rumah Rp 500 juta yang anda beli mungkin saat itu sudah bernilai Rp 2-4 miliar (minimum). Enak kan?

Oh iya, kok bisa-bisaan ya kita menghitung nominal tersebut secara detil? Ya Karena ada caranya dan ada tools-nya (financial calculator). Semua itu bisa dipelajari di workshop dan pendidikan Perencana Keuangan. Beberapa yang kami rekomendasikan adalah Merencanakan & Mengelola Keuangan dan Gaji 18 Maret 2017 atau Cara Kaya Raya Dengan Reksa Dana 19 Maret 2017.

Sudah selesai? Belum masih panjang bahasan tentang Kenapa Lebih Baik Beli Rumah dengan KPR dan Jangka Panjang yang akan kita bahas alasan-alasan selanjutnya di artikel berikutnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed