Follow detikFinance
Rabu 08 Mar 2017, 07:43 WIB

5 Cara Jitu Bagaimana Warren Buffett Menjadi Kaya

Tung Desem Waringin - detikFinance
5 Cara Jitu Bagaimana Warren Buffett Menjadi Kaya Foto: Istimewa
Jakarta - Warren Buffett terkenal dari keahliannya berinvestasi. Melalui teknik investasi yang Ia jalankan membuat namanya berada dalam daftar orang terkaya di dunia. Ketika indeks saham acuan S&P 500 meningkat antara tahun 1964 dan 2014, saham Berkshire Hathaway, perusahaan yang dipimpin Warren Buffett juga melonjak signifikan.

Kinerja tersebut mengukuhkan reputasi Buffett sebagai investor paling sukses abad ke-20. Berikut adalah lima cara kelola keuangan yang dapat diperhatikan dari Warren Buffett:

1. Jangan mengejar saham naik signifikan
Pelaku investor cenderung mencari dan membeli harga saham rendah kemudian menjual tinggi. Namun, Buffett menuturkan kalau rata-rata investor cenderung tidak memilih. Ia menganjurkan, investor berinvestasi di saham-saham murah yang masuk indeks S&P 500. Ia pun menjaga benar apa nasihatnya. Dalam surat wasiatnya, ia menempatkan, 10% dana di kas untuk istrinya. Sedangkan 90% sisanya saham di indeks S&P 500.

2. Hindari ingin cepat kaya
"Pasar saham bukan permainan disebut langsung pukulan. Anda tidak perlu ayunan. Anda hanya menunggu waktu," - Buffett. Tidak ada kekayaan yang didapatkan secara instan. Dalam investasi pun juga begitu. Hindari ingin kaya dengan cara cepat.

3. Investasi saham
Optimisme Buffett terhadap ekonomi AS didukung fakta-fakta kuat. Hal itu ditunjukkan dari kinerja indeks saham dapat kembali 2.300% dari 1964 dan 2014 meski lewati perang dan resesi. Investor sebaiknya tidak terlalu cemas dengan volatilitas pasar saham. Investasi saham menurut Buffett lebih baik dalam jangka panjang.

"Jika Anda tidak bersedia memiliki saham selama 10 tahun, bahkan tidak berpikir tentang memiliki itu selama 10 menit," - Buffett.

4. Bayar utang
Tentu saja ketika menabung memang sebaiknya mengurus utang dahulu. Sebagian besar gaji digunakan untuk pembiayaan kredit mulai dari mobil, dan penarikan dana pensiun. Akan tetapi, Anda juga harus bijak mengelola utang terutama kartu kredit. Agar keuangan Anda tidak terganggu.

5. Dahulukan membayar diri sendiri
Kebanyakan orang belum tahu bagaimana cara mengelola keuangannya sendiri. Hal ini terbukti bahwa masih ada banyak orang yang tidak menabung dan berhemat.

"Jangan menyimpan apa yang tersisa setelah belanja, tetapi menghabiskan apa yang tersisa setelah menyimpan," - Warren Buffett.

Karena itu, ada tiga jalan untuk dapat mulai membayar diri sendiri setelah menerima gaji antara lain memiliki tabungan, menyiapkan dana pensiun, dan punya dana darurat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed