Follow detikFinance
Kamis 09 Mar 2017, 06:44 WIB

(Perusahaan) Asuransi Tak Pernah Salah

Bareyn Mochaddin - detikFinance
(Perusahaan) Asuransi Tak Pernah Salah Foto: Istimewa
Jakarta - Dari sekian banyak alasan anda memilih sebuah produk asuransi, pasti tujuan utama anda memiliki sebuah produk asuransi adalah sebagai bentuk proteksi atas kerugian finansial yang mungkin akan diderita. Harapan anda, ketika terjadi sebuah kerugian maka perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang anda derita.

Namun, pernahkah anda memiliki masalah dengan (klaim) asuransi? Seberapa sering anda bermasalah dengan (klaim) asuransi?

Bila anda mengalami masalah dengan perusahaan asuransi dan mengalami kesulitan dalam klaim atas sebuah kerugian – lalu kerugian anda tidak diganti. Maka ingatlah satu hal: (Perusahaan) Asuransi Tak Pernah Salah. Bukan bermaksud membela perusahaan asuransi, tapi memang seperti itulah kenyataannya.

Hubungan anda (nasabah) dengan perusahaan asuransi adalah hubungan hukum yang diikat dengan sebuah perjanjian. Artinya, anda memiliki hak yang bisa anda minta dan kewajiban yang harus anda penuhi kepada perusahaan asuransi. Semua hak dan kewajiban tersebut dituangkan secara rinci dalam sebuah perjanjian yang kemudian disebut dengan polis asuransi.

Sehingga, anda jangan langsung percaya bila anda dijanjikan sebuah manfaat atas produk asuransi oleh agen karena tidak ada artinya bila ketentuan dalam polis berkata sebaliknya. Maka, akan sangat baik bila anda telah membeli sebuah produk asuransi dan menerima polisnya, anda baca dengan seksama polis tersebut. Hanya yang tercantum dalam polis-lah yang dapat anda jadikan sebagai dasar tuntutan atas hak perlindungan anda.

Nah, kebanyakan konflik yang terjadi disebabkan nasabah tidak membaca polis dengan seksama. Ketika terjadi sebuah kerugian dan ternyata kerugian tersebut tidak ditanggung oleh asuransi yang dimiliki, maka nasabah akan langsung menyalahkan perusahaan asuransi. Padahal yang salah adalah nasabah tersebut, kenapa tidak mempelajari polis dengan seksama?

Biasanya, perusahaan asuransi memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mempelajari polis yang disebut dengan 'Free Look Period'. Dalam masa ini, seorang nasabah mempunyai hak untuk mempelajari Polis dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal diterbitkannya Polis.

Dalam masa ini, anda (nasabah) dapat 'membedah' polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Anda dapat melihat dan mempelajari poin per poin yang ada di dalam polis asuransi, sehingga anda akan mengetahui kewajiban apa yang harus anda penuhi kepada perusahaan asuransi dan hak apa yang akan anda dapatkan dari perusahaan asuransi.

Bila anda tidak cocok dengan hak dan kewajiban yang tertuang dalam polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, maka anda tinggal batalkan dan mengembalikannya saja. Mudah. Anda tidak akan membayar apa pun kecuali biaya administrasi untuk perusahaan asuransi yang anda pilih. Selain itu, anda akan diuntungkan karena dengan mempelajari polis, anda akan tahu apa yang anda dapatkan - bila tidak cocok - maka anda tidak akan membeli asuransi yang tidak anda butuhkan.

Harus diingat, 'free look period' ini berbeda di setiap perusahaan asuransi. Anda juga harus tanya kepada agen asuransi atau perusahaan asuransinya berapa lama anda bisa mempelajari polis asuransi yang mereka tawarkan. Bila masa 'free look period' telah lewat dan tidak ada pengembalian polis, artinya anda sepakat dan setuju dengan apa yang ada di dalam polis. Apapun kejadian yang terjadi setelah itu, akan disandarkan kepada ketentuan yang ada di dalam polis.

Setelah anda sepakat dan kemudian anda mengalami kerugian, jangan salahkan perusahaan asuransi bila tidak mengganti kerugian anda. Bisa jadi anda merasa kerugian tersebut di-cover oleh asuransi padahal nyatanya kerugian tersebut tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi sebagaimana tercantum di dalam polis.

Memang mempelajari polis asuransi ini adalah sesuatu yang terlihat melelahkan, namun sebanding dengan manfaat yang anda dapatkan. Apalah artinya jika anda membayar premi setiap bulan namun tidak ada manfaat yang bisa anda dapatkan?

Bingung bagaimana cara baca polis asuransi atau apapun tentang asuransi? Belajar deh, ikuti kelas dan workshop yang kami rekomendasikan, beberapa di antaranya adalah, Merencanakan & Mengelola Gaji 18 Maret 2017 dan Cara Kaya Raya Dengan Reksadana 19 Maret 2017.

Chao! (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed