Follow detikFinance
Jumat 10 Mar 2017, 08:10 WIB

Kebiasaan Generasi Milenial soal Keuangan

Stanley Christian - detikFinance
Kebiasaan Generasi Milenial soal Keuangan Foto: Istimewa
Jakarta - Masih asing dengan istilah generasi milenial? Generasi Milenial adalah generasi yang lahir di atas tahun 2000 atau abad milenium bahasa kerennya. Mereka lahir dan tumbuh besar dengan perkembangan dunia serta teknologi yang sudah maju. Sehingga para generasi milenial ini memiliki karakter yang unik dibanding para seniornya.

Tentu dengan karakter yang berbeda ini, menciptakan kebiasaan-kebiasaan unik pula, apalagi kebiasaan dalam keuangan. Mau tahu kebiasaan para generasi milenial dalam hal keuangan? Tapi belum tentu anda yang bukan generasi milenial tidak memiliki kebiasaan ini lhoo. Simak ulasannya berikut ini.

Utamakan Gadget
Salah satu kelebihan para generasi milenial adalah sangat melek teknologi. Karena mereka memang tumbuh besar di zaman teknologi seperti ini. Anda bisa lihat anak-anak atau balita yang mahir dalam memainkan gadget. Namun selain menjadi kelebihan, ini juga menjadi kekurangan bahkan berdampak pada hampir semua generasi. Di mana setiap orang pasti memiliki gadget lebih dari satu, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop. Bila menjadi sarana penunjang dalam bekerja, tentu ini menjadi hal yang wajar dan baik, namun kenyataan banyak yang memiliki gadget hanya untuk gaya atau gengsi semata. Coba mulai selektif dalam hal gadget, karena kebutuhan atau keinginan?

Kredit Sana Sini
Demi eksistensi, umumnya para generasi milenial senang belanja. Masih belum peduli dengan pengeluaran yang membesar, namun tetap memilih gaya hidup yang konsumtif. Sudah berani melakukan kredit di luar batas kemampuan bahkan penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol. Tidak hanya generasi milenial, masih banyak masyarakat yang belum bisa menggunakan kartu kredit secara bijak. Masih banyak yang merasa memiliki kartu kredit sama dengan mendapatkan penghasilan. Kesalahan besar inilah yang akhirnya memicu penggunaan kredit yang berlebihan untuk memenihi keinginan semata.

Nongkrong yuk alias Hangout
Hangout sepertinya sudah menjadi kegiatan rutin para generasi milenial. Lagi-lagi sebagai bagian dari gaya hidup. Seiring banyaknya tempat-tempat yang nyaman untuk nongkrong, maka di situlah para genarasi milenial menghabiskan waktu. Tak dapat dipungkiri ini menjadi salah satu kebiasaan yang unik dari generasi milenial, yaitu ingin bebas. Maka tak heran tidak hanya para generasi milenial yang sering di tempat nongkrong tersebut, kita semua yang bukan dari generasi milenial juga terkadang menikmati hangout semacam ini. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah biaya hangout ini masih on budget atau sudah over budget?

Meremehkan Uang
Yang menjadi kebanggaan dari para generasi milenial adalah sudah bisa menghasilkan uang di usia muda. Karena merasa sudah produktif bisa menghasilkan uang, maka perasaan meremehkan uang dengan mudah timbul. Lihat saja bagaimana dengan mudah mengeluarkan uang tanpa pertimbangan, hingga terkadang tidak tahu apa yang dibeli tapi tetap dibeli. Nah, inilah yang sering luput dari perhatian para generasi milenial. Hasrat dan produktivitas begitu tinggi tapi belum diimbangi dengan kontrol yang baik.

Mudah Terpengaruh
Masih berhubungan dengan gaya hidup yang kerap kali dipenuhi rasa gengsi yang tinggi. Seolah rasa tidak ingin kalah dan rasa ingin menunjukkan sesuatu begitu besar. Sehingga ketika melihat lingkungan sekitar ada yang baru atau sedang hits, para generasi milenial ini berlomba untuk segera memiliki bahkan terkesan memamerkan. Perasaan ingin meniru inilah yang membuat para generasi milenial begitu mudah terpengaruh dengan hal-hal baru. Namun ini bukan berarti tidak berlaku bagi anda yang bukan generasi milenial, bisa saja anda sama untuk hal ini.

Dengan melihat ulasan tadi, Apakah anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan seperti di atas?
Kalau iya, sudah saatnya anda belajar mengelola keuangan dengan baik dan benar dengan ikut workshop dan kelas-kelas. Beberapa yang kami rekomendasikan adalah Merencanakan & Mengelola Keuangan dan Gaji 18 Maret 2017 dan Cara Kaya Raya Dengan Reksadana 19 Maret 2017.
Happy Planning. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed