Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 06:55 WIB

Dapat Gaji Pertama? Ini yang Harus Anda Lakukan

Stanley Christian - detikFinance
Dapat Gaji Pertama? Ini yang Harus Anda Lakukan Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi anda yang pernah merasakan menerima gaji pertama tentu menjadi pengalaman yang luar biasa. Bayangkan selama ini anda masih menerima uang jajan dari orang tua, dan tiba saatnya anda untuk bekerja lalu menerima gaji pertama.

Tentu rasa senang dan bangga ketika menerima gaji pertama, seketika pula terbesit untuk segera menggunakan gaji tersebut untuk bersenang-senang. Perasaan ingin membeli ini itu seolah bermunculan tiada henti, apalagi uang tersebut adalah hasil kerja keras selama sebulan.

Sebelum anda melangkah terlalu jauh dan akhirnya menciptakan kebiasaan yang berdampak negatif terhadap cara anda dalam mengelola keuangan, anda sebaiknya membaca artikel ini sejenak.

Nah untuk anda yang akan menerima gaji pertama atau untuk anda yang masih single disertai belum memiliki tanggungan, anda bisa membaca artikel ini untuk menjadi pedoman, apa yang harus dilakukan ketika menerima gaji pertama.

Ingat Orang Tua
Salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan adalah berbagi kepada orang tua. Yang dapat anda lakukan adalah membelikan sesuatu untuk menyenangkan orang tua. Tidak harus berupa barang dan mahal anda bisa saja mengajak kedua orang tua makan di restoran atau membelikan orang tua pakaian untuk perayaan hari besar keagamaan.

Tentu ini sudah menjadi kebahagiaan tak ternilai. Bagi anda yang masih single atau tinggal bersama orang tua, anda bisa dengan rutin memberikan sejumlah keperluan orang tua, misalkan membayar listrik dan telepon. Tentu ini sangat meringankan orang tua dan keluarga anda.

Dengan menjadi anak yang berbakti kepada orang tua niscaya urusan pekerjaan pun menjadi lancar.

Bersedekah
Yang tidak kalah penting setelah orang tua adalah berbagi kasih terhadap sesama dengan bersedekah.

Bersedekah merupakan bentuk terima kasih kita kepada sang pencipta. Sebagai hamba-Nya kita sangat dianjurkan untuk bersedekah. Baik kepada lembaga penyalur sedekah atau anda bisa mendatangi langsung orang-orang yang membutuhkan.

Bayar Utang
Hayo ngaku selama kuliah anda sering berutang ke siapa saja? Teman, kantin kampus, penjaga warnet, satpam, atau sampai ibu kos? Ketika mendapat gaji pertama, gunakan uang tersebut untuk membayar utang -utang yang Anda miliki tadi.

Memprioritaskan membayar utang adalah suatu kewajiban. Dengan terbebas dari utang, hidup anda akan lebih tenang. Begitu juga anda yang sudah bekerja tahunan, Utang menjadi salah satu prioritas pengeluaran utama anda.

Traktir Teman-teman
Masih menjadi kebiasaan orang Indonesia, baik ulang tahun atau mendapat gaji pertama, pasti minta traktiran. Demi menjaga salah satu budaya, yaitu budaya traktiran, maka tidak ada salahnya untuk memenuhi hal ini.

Anggap saja sekalian bersilahturahmi. Pilihlah tempat makan yang biayanya tentu sesuai gaji anda. Hindari memilih restoran mewah hanya karena gengsi. Karena tujuannya adalah berkumpul bukan untuk pamer.

Diri Sendiri
Gaji pertama merupakan hasil usaha sendiri. Maka tidak ada salahnya anda menikmati sebagian dari usaha tersebut. Berbagai macam cara dapat anda lakukan untuk menyenangkan diri sendiri, misalnya anda membeli barang yang anda inginkan selama ini, atau jalan-jalan di akhir pekan dan sebagainya.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, anda dapat mengontrol yang mana keinginan dan kebutuhan. Bukan karena gengsi semata, lalu anda mulai berperilaku boros.

Ini juga berlaku untuk anda yang masih single ataupun berkeluarga, anda memiliki budget untuk kesenangan diri anda sendiri. Sekali lagi yang terpenting adalah, masih dalam batas kemampuan anda.

Menabung dan Berinvestasi
Belajarlah untuk mulai merencanakan keuangan anda. Anda diharapkan memiliki tujuan-tujuan keuangan yang jelas, sehingga anda memiliki motivasi untuk Menabung dan berinvestasi.

Dan yang paling penting, uang yang anda dapatkan tidak menguap begitu saja, namun memiliki arah yang jelas. Semua yang besar, dimulai dari yang kecil. Maka menabung dan berinvestasi dari kecil, namun konsisten, tentu akan membuahkan hasil yang maksimal.

Anda dapat belajar mengelola keuangan yang baik dari artikel, buku, mengikuti training atau berkonsultasi dengan perencana keuangan. Tentu ini berlaku tidak hanya untuk yang menerima gaji pertama, tapi siapapun yang sudah rutin memiliki penghasilan, sebaiknya mulai fokus dalam menabung dan berinvestasi.

Yuk belajar yuk, ke mana? Liat di sini deh

Merencanakan & Mengelola Keuangan dan Gaji 18 Maret 2017: https://bit.ly/PM1803 dan

Cara Kaya Raya Dengan Reksa Dana 19 Maret 2017: https://bit.ly/WRD1903 .

Happy Planning.

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed