Follow detikFinance
Senin 10 Apr 2017, 08:11 WIB

Mau Tahu Cara Orang Kaya Mengelola Uang?

Tung Desem Waringin - detikFinance
Mau Tahu Cara Orang Kaya Mengelola Uang? Foto: Istimewa
Jakarta - Untuk menjadi kaya harus diikuti dengan pengelolaan keuangan yang baik. Untuk itu, para orang kaya selalu bertindak waspada dengan uang mereka. Di antara berbagai kesalahan yang bisa mereka lakukan, mereka akan memberi perhatian ekstra agar tak melakukan 5 kesalahan di bawah ini.

Berikut 5 kesalahan mengelola keuangan tidak dilakukan orang kaya:

1. Menghamburkan uang
Sebagian orang mungkin berpikir bahwa orang kaya banyak menghamburkan uang, beli ini-itu, selalu mengadakan pesta mahal. Meski demikian, sebenarnya orang kaya tak akan membuang-buang uangnya. Orang kaya zaman sekarang tidak hidup semewah yang Anda bayangkan. Justru sebaliknya, mereka hidup dengan gaya yang sederhana. Lihat saja Mark Zuckerberg yang masih mengendarai mobil kota biasa. Selain itu, Warren Buffett tetap tinggal di rumah yang biasa saja dan tidak mewah.

2. Tak segera mengatur keuangan
Mulai dari sekarang mengatur keuangan Anda agar menjadi lebih baik. Namun seringkali orang-orang menunda untuk mengatur keuangan. Menunda-nunda dalam mengatur keuangan akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi buruk. Tiap kali Anda melewati sebuah peristiwa besar dalam hidup, luangkan waktu untuk duduk dan berpikir sejenak. Pelajari kondisi keuangan, lalu buatlah penyesuaian. Jangan ditunda-tunda.

3. Tak memeriksa kondisi keuangan
Orang kaya selalu memeriksa situasi keuangan saat ini serta jangka panjang. Sebagai pemula, langkah pertama untuk mengetahui keadaan keuangan adalah mencari informasi soal rekening bank. Dari sana, Anda akan melihat berapa banyak yang Anda keluarkan dalam sebulan. Apakah pengeluaran Anda justru lebih besar dari pemasukan? Setelah memeriksa rekening sendiri, Anda akan bisa mengetahui keadaan finansial secara rinci.

4. Membuang uang bayar denda
Orang kaya yang cerdas selalu memperhatikan ke mana saja uangnya mengalir. Bukan karena pelit, tapi karena mereka teliti. Mereka melindungi kekayaannya dengan menjauhkan diri dari biaya ekstra yang sebenarnya bisa dihindari dengan sedikit usaha ekstra.

Orang kaya jarang sekali telat membayar tagihan, dan selalu menghindari penggunaan kartu kredit berbunga tinggi. Mereka selalu membaca surat tagihan dengan cermat, dan memeriksa apakah ada kesalahan dalam tagihan mereka.

5. Fokus berhemat, lupa cari uang tambahan
Anda tidak akan bisa bertambah kaya hanya dengan berhemat saja. Jika ingin strategis, jangan pernah lupakan bagaimana caranya menambah penghasilan Anda setiap bulannya. Berhasil menghemat pengeluaran itu luar biasa, tapi bukankah akan lebih baik lagi jika Anda memperoleh Rp 1 juta dari pemasukan ekstra.

Itulah beberapa strategi orang kaya yang bukan hanya menjaga kekayaannya namun juga menambah kekayaannya. Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed