Follow detikFinance
Senin 17 Apr 2017, 06:37 WIB

Ingin Kaya? Perhatikan Hal Ini

Tung Desem Waringin - detikFinance
Ingin Kaya? Perhatikan Hal Ini Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Setiap orang di dunia ini pasti ingin kaya dalam keuangan. Hal ini memang wajar karena kesuksesan secara finansial mampu membuat seseorang bisa memiliki berbagai barang yang dibutuhkan. Namun sayangnya, tidak semua orang menjadi kaya. Memang untuk mencapai hal ini tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat dalam mengelola keuangan. Salah satu caranya ialah dengan berhemat.

Hidup hemat yang dimaksud bukan berarti pelit, namun bagaimana kita bisa menjalankan proses efisiensi konsumsi pada masa sekarang, agar bisa lebih banyak mengkonsumsi di masa depan. Lalu bagaimana caranya agar bisa hidup hemat? Berikut ini merupakan langkah berhemat yang bisa Anda praktikkan:

1. Membuat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran
Buatlah catatan atau daftar antara pemasukan dan pengeluaran yang berguna untuk memonitor seluruh uang Anda. pemasukan harus bisa lebih besar daripada pengeluaran.

Minimalkan uang pengeluaran Anda dengan tidak membeli barang yang tidak dbutuhkan. Kemudian maksimalkan sebagian besar uang yang disisihkan untuk menabung. Jangan sampai Anda berutang karena pengeluaran lebih banyak.

2. Membuat Prioritas Antara Kebutuhan dan Keinginan
Sebaiknya segera catat apa saja keperluan Anda setiap bulannya. Jangan memasukkan barang-barang maupun sesuatu hal yang bersifat keinginan ke dalam prioritas. Utamakan kebutuhan pokok yang memang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu.

3. Menjaga Kesehatan
Kesehatan sangat berhubungan dengan pola hidup hemat. Dengan menerapkan pola hidup yang hemat, Anda bisa meminimalisir penyakit yang bisa menyerang Anda. Bayangkan saja, jika Anda jatuh sakit pasti biaya yang akan dikeluarkan juga akan banyak. Mulai dari biaya periksa, perawatan, hingga obat. Tentu hal ini akan berpengaruh pada jumlah pengeluaran Anda. Bisa saja pengeluaran Anda malah menjadi lebih tinggi daripada pendapatan setiap bulannya.

4. Menerapkan Pola Hidup Sederhana
Menjalankan pola hidup yang sederhana merupakan cara ampuh yang bisa dijalankan demi mempertahankan kekayaan Anda. Pola ini memang sangat cukup dengan sikap hidup hemat. Ubah pola hidup Anda yang konsumtif, terutama hanya karena gengsi. Anda tidak perlu gengsi memangkas banyak biaya untuk menabung.

5. Membuang Pengeluaran Rutin yang Kurang Diperlukan
Anda bisa membuang pengeluaran rutin yang dirasa ternyata kurang diperlukan. Lakukan hal ini secara bertahap dengan memeriksa pengeluaran apa yang sebenarnya bisa diminimalisir, jika mungkin malah dibuang.

Berhemat merupakan salah satu kunci untuk menjadi kaya. Hal ini juga berdampak keuangan Anda di masa mendatang. Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya di Tahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed