Follow detikFinance
Selasa 25 Apr 2017, 07:14 WIB

Keuntungan Bank BUKU 4 untuk Nasabah

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Keuntungan Bank BUKU 4 untuk Nasabah Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sejak tahun 2012, Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan aturan yang mengelompokan bank ke dalam 4 (empat) kategori khusus. Kategori ini dikenal dengan istilah Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU). Dasar kategori adalah modal inti yang dimiliki setiap bank, yang kemudian akan berpengaruh kepada kegiatan usahanya masing-masing.

Sebagai pengguna jasa perbankan, setiap orang pasti ingin memiliki mitra yang dapat diandalkan dari sisi keamanan bertransaksi maupun menyimpan dana. Di antara pilihan tersebut, bank yang berkategori BUKU 4 merupakan pilihan yang paling cocok. Bank BUKU 4 dinilai sebagai bank yang memiliki permodalan kuat.

Dengan modal inti di atas Rp 30 triliun, maka bank BUKU 4 memiliki kapasitas untuk menyerap potensi risiko yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok bank lainnya.

Sebagai nasabah, berbagai layanan perbankan yang beragam diperbolehkan ditawarkan oleh BUKU 4. Layanan keuangan digital misalnya, adalah salah satu keunggulan BUKU 4 yang tentu saja memudahkan para nasabah dalam bertransaksi. Rasa aman dan kepercayaan para pengguna layanan digital ini pun menjadi fokus dari bank BUKU 4.

Dengan permodalan yang lebih besar, BUKU 4 juga diperbolehkan memiliki jaringan layanan yang lebih luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bagi nasabah di Indonesia yang tersebar di berbagai kepulauan hingga daerah terdepan, maka akses yang mudah terhadap layanan perbankan menjadi kunci utama agar dapat menjalankan pengelolaan keuangan dengan baik.

BUKU 4 diperbolehkan untuk merekrut agen-agen perbankan, baik berupa lembaga maupun individu, dalam rangka Layanan Keuangan Digital (LKD). Hal ini bertujuan untuk mendukung dan menyukseskan program inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah. Sehingga, hal ini akan menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan layanan jasa perbankan.

Semakin besar modal yang dimiliki oleh bank, maka semakin luas juga kesempatan penyaluran fasilitas pembiayaan untuk menggerakan perekonomian suatu daerah maupun rumah tangga. BUKU 4 memiliki akses yang lebih luas untuk menyalurkan kredit terutama usaha mikro, kecil, dan menengah dengan tetap mengutamakan faktor tingkat kesehatan dari bank tersebut.

Bank-bank BUKU 4 mampu menguasai pasar karena didukung modal yang kuat. Semakin besar modal, semakin banyak pula peluang bisnis yang bisa digarap. Di sisi lain, dengan permodalan yang kuat, bank BUKU 4 dinilai lebih sehat dan kompetitif untuk menghadapi persaingan dengan bank-bank besar di kawasan ASEAN. Bank BUKU 4 juga diyakini mampu menangani risiko yang muncul terkait dengan ekspansi bisnis ke luar negeri. Itulah berbagai keunggulan bank BUKU 4 yang tentu saja memiliki daya tahan yang lebih baik dalam menghadapi perekonomian Indonesia maupun global. Jadi, pastikan kami pilih bank yang tepat ya #Kenalibankmu #BUKU4

Live a Beautiful Life!

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed