Follow detikFinance
Kamis 27 Apr 2017, 06:56 WIB

Tips Keuangan yang Sering Dilupakan (1)

Aidil Akbar Madjid - detikFinance
Tips Keuangan yang Sering Dilupakan (1) Tips Keuangan yang Sering Dilupakan (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir (sejak tahun 2013), semakin banyak permintaan pelatihan untuk mempersiapkan para calon Pensiun, baik pensiun dini maupun pensiun normal.

Padahal sudah bertahun-tahun sejak awal tahun 2000-an tidak bosan-bosannya saya menyampaikan bahwa Dana Pensiun dan persiapan pensiun adalah salah satu hal paling penting yang harus dipersiapkan untuk keuangan kita.

Sebenarnya banyak sekali tips-tips simple yang sering saya bagikan di banyak kesempatan yang sering terlupakan oleh anda semua. Nah, apa saja sih tips-tips tersebut? Yuk kita bahas:

Tips 1
Berhubung di atas sedang dibahas masalah Pensiun, maka salah satu tips penting yang tidak boleh dilupakan adalah mempersiapkan dana pensiun.

Apabila anda mendapatkan dana pensiun dari tempat bekerja (biasanya DPLK) maka maksimalkan kontribusi pensiun anda, apalagi bila perusahaan juga memberikan kontribusi sebesar kontribusi anda. Artinya dengan kata lain uang anda seakan-akan sudah mendapatkan return sekitar 100% bahkan sebelum uang tersebut mulai diinvestasikan.

Tips 2
Selalu berinvestasi untuk jangka panjang. Ingat investasi mengandung resiko. Resiko investasi sendiri bervariasi tergantung jenis investasi anda.

Ketika kita berinvestasi untuk jangka panjang memberikan waktu bagi investasi kita untuk balik kembali (rebound) apabila investasi tersebut tiba-tiba turun oleh sebab apapun.

Tips 3
Rebalance dan realokasi portfolio keuangan anda. Ketika kondisi ekonomi baik makro maupun mikro berubah maka kondisi investasi juga akan ikut berubah.

Demikian juga ketika kondisi keuangan anda. Banyak orang merasa senang ketika salah satu investasi mereka naik secara terus menerus.

Padahal ketika salah satu investasi naik, maka komposisi alokasi keuangan anda menjadi berubah, bisa saja menjadi lebih agresif dibandingkan profil risiko anda.

Itulah sebabnya sangat penting untuk melakukan rebalance dan realokasi portfolio keuangan anda, dan hal ini yang paling sering dilupakan oleh banyak orang.

Tips 4
Kelola utang sekarang & masa depan dengan baik. Salah satu hal terpenting dalam merencakan keuangan adalah pengelolaan utang terutama utang konsumtif dengan bunga yang tinggi.

Mengapa demikian? Karena percuma anda berinvestasi dengan segala risikonya yang hanya memberikan hasil investasi sebesar 15-25% per tahun, sementara anda membayar utang dengan bunga sebesar 30-40% per tahun (hampir 2x nya).

Jangan juga untuk mengelola keuangan bulanan anda agar bisa menghindari utang untuk masa depan anda. Apabila anda cukup menikmati hidup, jangan lupa untuk merubah gaya hidup anda agar tidak terjerumus kedalam gaya hidup dengan menggunakan utang.

Tips 5
Coba review proteksi ansuransi anda secara berkala. Ingat kondisi keuangan dan ekonomi bisa saja berubah.

Akibatnya kebutuhan keuangan anda termasuk kebutuhan asuransi juga ikut berubah. Bisa saja anda dulu membutuhkan proteksi asuransi jiwa sebesar Rp 1 miliar, maka sekarang angkanya bisa saja berubah meningkat atau bahkan menurun.

Demikian juga dengan asuransi kesehatan (khususnya rawat inap). Apabila beberapa tahun yang lalu biaya rawat inap sebesar Rp 1 juta per malam cukup untuk membiayai kamar jenis VIP, maka saat ini di rumah sakit yang sama mungkin saja sudah tidak cukup. Maka anda membutuhkan lebih lagi dari itu.

Mengatur dan merencanakan keuangan adalah suatu proses yang harus kita lakukan secara terus menerus agar bisa menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Banyak orang yang ingin belajar tapi tidak tahu harus ke mana.

Berikut beberapa workshop dan kelas yang kami rekomendasikan. Untuk workshop regular merencanakan keuangan 29 April ini, info di sini https://bit.ly/PMM2904, dan workshop Cara kaya dengan reksadana tanggal 30 April infonya bisa dibuka di sini https://bit.ly/WRD3004.

Untuk bulan Mei ada kelas Basic Financial Planing complit bergelar Registered Professional Planner, info buka di sini https://bit.ly/BFP0517, Selain itu ada workshop komunikasi yang menghipnotis, info buka di sini https://bit.ly/NLP0517, sementara Ramadhan ada kelas Syariah lho tanggal 9-11 Juni Info di sini https://bit.ly/RIFA0517.

Masih ada beberapa tips pamungkas tentang keuangan yang sering kali dilupakan banyak orang, padahal bisa berakibat fatal.

Apa saja itu? Akan kita bahas di tulisan berikutnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed