Follow detikFinance
Kamis 27 Apr 2017, 07:20 WIB

Pengelolaan Keuangan akan Mempengaruhi Masa Tua

Tung Desem Waringin - detikFinance
Pengelolaan Keuangan akan Mempengaruhi Masa Tua Pengelolaan Keuangan akan Mempengaruhi Masa Tua (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Cara Anda mengelola keuangan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan secara keseluruhan. Mengatur keuangan dengan baik dan konsisten dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan simpel, yakni dengan mengatur berbagai prioritas di dalam keuangan itu sendiri.

Dana darurat, tabungan, dan juga utang adalah pos yang wajib ditangani dengan baik di dalam keuangan. Sebab ketiga komponen ini akan menjadi penentu kualitas kondisi keuangan. Berikut langkah mengelola keuangan agar bisa mengutamakan pengeluaran prioritas:

1. Buat dana darurat
Seperti apapun kondisi keuangan, Anda tetap harus menyiapkan dana darurat. Tidak perlu langsung dalam jumlah yang banyak, Anda bisa menabungnya sedikit demi sedikit.

Jangan sepelekan, dana darurat ini dapat membantu untuk menghindari utang baru, atau bahkan untuk menjaga kondisi keuangan tetap bisa berjalan dengan stabil, jika sewaktu-waktu terjadi krisis atau masalah di dalam keuangan itu sendiri.

Pahami kebutuhan dengan baik, sehingga Anda lebih mudah untuk menentukan jumlah dana darurat yang dibutuhkan di dalam keuangan.

2. Fokus menabung
Dana tabungan yang ideal seharusnya minimal 10-15% dari penghasilan bulanan. Dana ini akan dialokasikan sebagai dana pensiun di masa yang akan datang, sehingga sangat penting untuk selalu disiplin dalam menabung setiap bulan.

Semakin lama durasi menabung, maka semakin baik kondisi keuangan di masa pensiun nanti. Upayakan untuk selalu menabung dalam jumlah yang tetap setiap bulannya, sehingga dana tersebut bisa terkumpul dalam jumlah yang memadai di masa yang akan datang.

Jika dilakukan sejak sekarang, maka Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan masa pensiun nanti.

3. Rencanakan pembayaran utang
Dalam menangani masalah utang, setidaknya Anda dapat mempermudah hal ini dengan 2 cara, yakni melakukan penghematan atau mendapatkan penghasilan tambahan di dalam keuangan.

Akan lebih mudah untuk melunasi utang, jika ternyata kedua hal di atas bisa dijalankan dengan baik di dalam keuangan. Namun jika ternyata sulit untuk melakukan keduanya sekaligus, maka upayakan untuk melakukan salah satu di antara keduanya.

Pengelolaan utang yang tepat, akan membantu untuk bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan atau prioritas di dalam keuangan.

4. Lakukan dengan disiplin
Kunci utama keberhasilan mengelola keuangan adalah disiplin. Anda harus disiplin dan teratur dalam mengelola keuangan. Jika tidak maka Anda akan di luar kontrol. Tetapkan prioritas. Dengan begitu, tujuan keuangan menjadi lebih fokus, sehingga kita bisa lebih disiplin dan ketat dalam memenuhi prioritas keuangan tersebut.

Berikut adalah cara mengelola keuangan yang tepat. Pengelolaan keuangan yang baik memberi dampak yang baik pula bagi kehidupan di masa tua nanti.

Semoga bermanfaat.

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya Ditahun 2017? Download Sekarang Juga "Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed